Binkam

Polres Kudus Amankan Pembagian Nasi Jangkrik Sunan Kudus

Tribratanews.jateng.polri.go.id Kudus – Gabungan Personel Polres Kudus dan Polsek Kudus lakukan pengamanan Tradisi pembagian nasi jangkrik di komplek Masjid Menara Kudus, Kamis (20/9/2018).

Pengamanan sendiri dimulai setelah sholat subuh. Ribuan warga terlihat memadati komplek Masjid Menara Kudus. Mereka rela berdesakan demi mendapatkan nasi bungkus yang diyakini membawa berkah.

Kepala Bagian Operasional Polres Kudus Kompol Sundoyo SH, MH menjelaskan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat prosesi pengantrian pembagian nasi jangkrik, pihaknya menerjunkan sebanyak 110 personel gabungan dari Polres Kudus dan Polsek Kudus.

“Personel kita tempatkan pada setiap pagar antrian hingga tempat pembagian nasi sehingga tidak ada kejadian lansia maupun anak-anak yang terinjak saat mengantri,” Ujarnya.

Pihaknya juga melakukan publik addres, menghimbau kepada warga untuk tetap tertib dan bersabar.

Diketahui bahwa tradisi bagi nasi jangkrik sendiri adalah rangkaian buka luwur Sunan Kudus yang dilaksanakan tiap 10 Muharam, untuk menandai penggantian kelambu makam Sunan Kudus.(Humas Kudus)

Berita Terkait