Binkam

Sinergitas TNI-Polri Amankan Pelelangan Ikan di TPI Kota Pekalongan

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Kota Pekalongan – Aktivitas masyarakat sejak subuh mulai menggeliat termasuk aktivitas nelayan dalam menangkap ikan telah mulai. Hal ini dapat dilihat aktivitas nelayan di TPI PPN (Pelabuhan Perikanan Nusantara) Pekalongan, banyak kapal-kapal nelayan yang membawa ikan ke darat untuk dibawa ke tempat-tempat penjualan yang ada di Kota Pekalongan.

TPI PPN Pekalongan adalah merupakan tempat kegiatan masyarakat di bidang Perikanan yang terletak di wilayah pesisir Kota Pekalongan pada saat pagi hari sehabis subuh terdapat aktifitas yang sangat ramai di mana di tempat tersebut sebagai pusat kegiatan pembongkaran ikan dari kapal dan pelelangan ikan hasil tangkapan nelayan, kegiatan tersebut tentu saja dapat menimbulan kerawanan–kerawanan gangguan Kamtibmas karena terdiri dari berbagai masyarakat yang saling berkepentingan antara lain adalah nelayan, pengusaha, pedagang ikan, para pekerja dan pengguna jasa lainya sehingga diperlukan kehadiran Polri.

Kapolres Pekalongan Kota Polda Jawa Tengah AKBP Ferry Sandy Sitepu melalui Kasat Polair AKP Taufik Hidayat mengatakan, setiap hari personil polri baik dari Polsek Pekalongan Utara maupun anggota Polair dibantu dari TNI AL setiap ada kegiatan bongkar muat atau pelelangan ikan, Personil pengamanan selalu berada di TPI untuk melakukan pengamanan dan pemantauan serta pengawasan. Sabtu (15/9)

Hal ini untuk meminimalisir ambang gangguan agar tidak menjadi gangguan nyata seperti perkelahian dan pencurian serta tindak premanisme dan potensi gannguan Kamtibmas lainnya. Dalam pelaksanaannya anggota berkoordinasi dengan pengelola dan dinas instansi terkait untuk bersama-sama melakukan pengamanan.

“Dengan adanya petugas baik TNI maupun Polri yang berjaga di pelabuhan dan TPI mendapatkan apresiasi yang positif dari masyarakat hal ini dibuktikan dengan kegiatan pelelangan dapan berjalan dengan tertib,” tuturnya.

[Humas Polres Pekalongan Kota]

Berita Terkait