Pembinaan Personel

Ratusan Anggota Polres Brebes Jalani Tes Urine

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Brebes – Ratusan anggota Kepolisian Resor (Polres) Brebes, Jawa Tengah, menjalani pemeriksaan tes urine yang dilakukan secara mendadak di halaman mapolres setempat, Kamis (5/9/2018).

Adapun tes urine yang digelar secara acak tersebut dilaksanakan usai apel pagi oleh bagian Dokes Polres Brebes.

Perwakilan dari masing – masing fungsi dipilih secara acak oleh Kasie Propam yang kemudian dilanjutkan pendataan sekaligus diambil sampel urinenya. Kegiatan ini juga bersifat mendadak, sehingga banyak anggota yang tidak tahu akan dilakukan tes tersebut.

Kapolres Brebes AKBP Sugiarto, SH SIK MSi menyampaikan, sengaja melakukan tes urine secara mendadak dengan mengacak anggotanya tersebut dilakukan untuk memastikan jika di jajarannya mulai kari Kapolres, Kasat, Kasi dan anggota tidak terlibat ataupun menyalahgunakan narkotika.

Kegiatan tersebut sekaligus mendukung Operasi Antik Candi 2018 yang tengah digelar dijajaran Polda Jateng dengan sasaran penggunaa maupun peredaaran Narkoba.

“Tes urine itu sengaja kita lakukan untuk mendeteksi penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan aparat kepolisian. Jangan sampai ada anggota Polres Brebes yang menyalahgunakan narkoba, baik pemakai ataupun yang mengedarkan,” kata Sugiarto.

Menurut dia, tes urine dilakukan terhadap beberapa personel mulai dari Bintara sampai perwira. Ditambahkanya, jika diketahui ada anggota yang mengkonsumsi maupun menyalahgunakan Narkoba maka akan ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku.

Kapolres Brebes berharap, baik anggota maupun masyarakat Brebes semua dapat terhindar dan menjauhi narkoba. “Narkoba musuh kita bersama, mari kita hindari dan sebisa mungkin menjaga masyarakat untuk bersih dari narkoba” tuturnya.

Dari hasil test urine, Dokpol Polres Brebes mengatakan semua anggota negatif dan dinyatakan tidak ada yang mengkonsumsi narkoba. (Hms)

Berita Terkait