Pembinaan Personel

61 Anggota Polres Temanggung Jalani Ujian Kenaikan Pangkat

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Temanggung – Ujian beladiri Polri merupakan salah satu syarat mutlak yang harus dilalui untuk mendapatkan kenaikan pangkat bagi semua anggota Polri. Bela Diri Polri ini harus dikuasai oleh setiap anggota Polri dalam menunjang tugasnya sebagai pelindung dan pengayom masyarakat.

Sebanyak 61 anggota Polres Temanggung berbondong – bondong memenuhi halaman stadion GOR Bambu Runcing Temanggung guna pelaksanaan Ujian Beladiri Polri, beberapa materi yang diujikan meliputi teknik dasar beladiri polri, teknik beladiri polri tanpa alat dan teknik beladiri polri dengan alat melawan alat dan akan dinilai oleh Tim Penguji. Senin (03/09/18).

Ujian tersebut dilaksanakan untuk mengingatkan kembali anggota tentang Bela diri Polri sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas mendatang serta merupakan salah satu syarat untuk bisa naik pangkat. Jika peserta ujian tidak lulus maka akan ditunda pangkat periode selanjutnya.

Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo mengatakan, anggota Polri harus dapat mengusai beberapa teknik bela diri sebagai bekal dalam pelaksaan tugas mendatang terutama dalam pelaksanaan tugas dilapangan banyak kemungkinan terjadi tindak kriminalitas, untuk mengantisipasi hal itu anggota polri diwajibkan mengusai teknik beladiri.

Personil yang sedang melaksanakan usul kenaikan pangkat tidak dinaikan pangkatnya begitu saja tetapi selain sudah masuk waktunya, persyaratan administrasi harus lengkap, yang bersangkutan juga harus mengikuti dan melaksanakan tes atau ujian seperti penelitian personil, kesamaptaan jasmani serta ujian Beladiri Polri seperti yang sedang dilaksanakan pada hari ini, dan itu semua berlaku bagi semua golongan pangkat, baik golongan pangkat Inspektur maupun Brigadir, kemudian apabila telah memenuhi syarat maka berkas UKP akan diproses melalui Polda Jawa Tengah untuk mendapatkan Surat Keputusan Kenaikan Pangkat dari pejabat yang berwenang.

“bela diri polri merupakan bekal yang sangat penting dalam pelaksanaan tugas terutama dilapangan saya harap anggota bersungguh – sungguh dalam ujian tersebut,” ujarnya.

(Humas Polres Temanggung).

Berita Terkait