Binmas

Demak Dilanda Kekeringan, Polisi Bagikan Air di Desa Kedondong

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Demak – Akibat kemarau panjang beberapa wilayah di Kabupaten Demak, Jawa Tengah mengalami kekeringan dan krisis air bersih. Desa Kedondong, Kecamatan Demak adalah Desa terdampak paling parah yang perlu mendapatkan bantuan air bersih.

Sumur warga kering. Mata air seolah mampat. Sungai pun putus aliran airnya.

Kristina (39), warga Desa Kedondong, Kecamatan Demak mengatakan kekeringan yang terjadi di desanya kurang lebih telah berlangsung tiga bulan. Warga masyarakat harus mencari air bersih di luar Desa untuk keperluan MCK.

Bagi Kristina, akibat kekeringan ini air menjadi barang langka. Kristina dan warga lainnya pun rela mengantre jika ada bantuan air bersih dari pemerintah dan lembaga lainnya.

“Untuk kepentingan mandi, masak, mencuci kita harus mencari air bersih dari luar desa. Selain itu kami juga rela mengantre bantuan air bersih dari pemerintah. Sumur sumur di desa kami kering jika kemarau seperti ini,” tutur Kristina.

Sabtu, 1 September 2018, warga mengantre bantuan air bersih. Kali ini, Kepolisian Resor Demak berupaya meringankan beban masyarakat yang terdampak kemarau panjang. Warga pun gembira menyambut pendistribusian air bersih ini.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Demak AKBP Maesa Soegriwo. SIK, didampingi Ketua Cabang Bhayangkari Demak, Ny. Sukma Maesa turun langsung mendistribusikan air bersih sekaligus bercengkerama dengan masyarakat di daerah yang mengalami kekeringan.

Secara simbolis, Kapolres dan istri menyumbangkan air bersih dari kendaraan tangki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Demak. Polres Demak dalam bakti sosial ini bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Demak dalam pendistribusian air bersih ke Desa Kedondong.

“Ini merupakan kepedulian Polres Demak terhadap warga yang mengalami kekeringan. Kegiatan ini sekaligus sebagai rangkaian kegiatan Operasi Satgas Nusantara, HUT Polwan ke 70 dan HKGB ke 66,” terang Maesa.

Dalam kegiatan itu para personel Polres Demak dan Bhayangkari membantu menuangkan air ke sejumlah jerigen dan ember kosong milik warga yang telah mengantri.

AKBP Maesa menerangkan, dalam bakti sosial kali ini Polres Demak telah menyiapkan 6 tangki air bersih yang didistribusikan kepada Warga. Selain itu, pihaknya juga menyiapkan air bersih bagi wilayah yang membutuhkan.

“Semoga bantuan dari Polres Demak ini bermanfaat. Nantinya pemberian air bersih ini akan kita berikan secara bertahap kepada wilayah yang membutuhkan bantua selama beberapa hari ke depan,” pungkasnya.

Humas Res Demak

Berita Terkait