Binkam

Antisipasi Tahanan Kabur, Wakapolres Cek Rutan Polres Pekalongan

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Pekalongan – Wakil Kepala Kepolisian Resor Pekalongan Kompol Mashudi, S.H pagi tadi Senin (27/8/2018) dengan didampingi Kanit SPKT II dan Anggota Piket jaga tahanan melaksanakan kegiatan pengecekan dan pemeriksaan rutin Ruang tahanan Polres Pekalongan.

“Kegiatan pemeriksaan tahanan merupakan hal yang wajib bagi anggota yang akan naik maupun turun dinas pada saat itu. Selain melaksanakan pengecekan jumlah tahanan, juga dilakukan pengecekan kebersihan masing-masing ruang tahanan,” ucap Waka Polres.

Selama pelaksanaan pemeriksaan dan pengecekan ruang tahanan tersebut, jumlah tahanan lengkap dan dalam keadaan sehat. Adapun kondisi sel jeruji ruang tahanan dalam keadaan baik serta tidak di ketemukan barang bawaan yang mencurigakan atau barang yang membahayakan lainnya.

Wakapolres Pekalongan Kompol Mashudi, S.H mengatakan bahwa sasaran dari kegiatan pengecekan dan pemeriksaan ini adalah untuk mengetahui jumlah tahanan, keamanan tahanan, kesehatan tahanan serta barang-barang yang tidak boleh berada di dalam tahanan, seperti korek api, sarung, senjata tajam, sendok besi dan barang berbahaya lainnya. Selain itu juga kondisi ruangan tahanan tidak luput dari pemeriksaan kami. Ungkapnya

Saat melaksanaan pemeriksaan ruang tahanan tersebut Kompol Mashudi, S.H menghimbau kepada seluruh tahanan agar saling menjaga kebersihan dan menjaga kesehatan.

“Jangan ada pelanggaran dan memasukkan barang yang membahayakan, dan apabila ada keluhan maupun sakit untuk segera disampaikan atau dilaporkan ke petugas piket jaga tahanan agar segera dilakukan pengobatan,” tegas Kompol Mashudi

Sebelum meninggalkan rutan Polres, Wakapolres mengingatkan kepada petugas piket Tahanan agar secara rutin melakukan pengecekan dan kontrol tahanan setiap satu jam sekali, hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kejadian tahanan melarikan diri, ungkap Wakapolres Pekalongan Kompol Mashudi. (Yuli-Er$hi)

Berita Terkait