Pembinaan PersonelSamapta

Anggota Satsabhara Polresta Surakarta Latihan Wanteror

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Surakarta – Maraknya aksi teror membuat Polresta Surakarta menambah porsi latihan. Kali ini, anggota Sat Sabhara Polresta Surakarta dibekali kemampuan antisipasi teror (wanteror).

Latihan yang dipandu Wakapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai tersebut, diberikan kepada seluruh anggota Sabhara Polresta Surakarta yang ada. “Ada sebanyak 30 personil Sabhara yang latihan hari ini ,” ujar Kasat Sabhara Polresta Surakarta Kompol Busroni Senin (27/08/2018).

Lanjutnya, saat ini sudah ada beberapa tim yang disiapkan dengan masing-masing Team Wanteror beranggotakan 10 personil. “Para personil tersebut dibekali dengan latihan pengenalan sikap, pembawaan dan penggunaan senjata (SS1-V2 dan AK -2000), latihan formasi, reflek kesigapan regu wanteror dengan menggunakan kelengkapan,” jelasnya.

Latihan formasi pengepungan rumah dan latihan aplikasi penggrebekan atau penangkapan dalam rumah juga diberikan kepada anggota. Latihan ini untuk melatih kesiapsiagaan anggota dan antisipasi kerawanan aksi kriminalitas serta meningkatnya ancaman teror yang menyasar anggota, Pospol maupun Markas Komando Polri.

Latihan tersebut, kata Kasat, diberikan selama 1,5 jam dalam satu minggu. “Ini dilakukan bertujuan agar anggota lebih waspada dan siap siaga dengan segala kemungkinan,” tambahnya.

Meski diakui yang mempunyai tugas pokok penanggulangan teror adalah Brimob sebagai Unit Tindak Wanteror dan Densus 88. “Setidaknya anggota kami bisa melakukan tindakan awal,” tuturnya.

“Latihan ini juga bisa kita gunakan untuk menangkap tersangka kriminal yang dikhawatirkan melakukan perlawanan dengan sajam atau senpi,” katanya.

Sementara, sarana prasarana yang dimiliki Polresta Surakarta dinilai sudak cukup untuk melakukan tindakan antisipasi dan tindakan awal.

“Sarana dan prasana yang kita miliki, mulai dari senjata, rompi dan helm anti peluru, granat asap (gas air mata), masker, metal detector dan ditambah dengan jumlah personil yang cukup,” pungkasnya. (hms)

Berita Terkait