Lantas

Satlantas Polres Purworejo Gratiskan Cek Fisik

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Purworejo – Pengecekan fisik kendaraan bermotor di Kantor Unit Pelayanan Pendapatan dan Pemberdayaan Aset Daerah/Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, bebas biaya alias gratis.

“Bagi petugas yang melakukan pungutan liar, sesuai aturan tentu ada sanksinya,” kata Kapolres Purworejo AKPB Teguh Tri Prasetya,S.I.K. , Senin (13/08/18).

Menurutnya, di lingkungan Kantor Unit Pelayanan Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (UP3AD) Purworejo, harus bebas dari praktek pungli. Baik di unit pelayanan cek fisik, juga di unit layanan mutasi dan ruang pembayaran pajak kendaraan bermotor.

“Disamping itu di depan pintu pelayanan juga telah dipasang banner bertuliaskan bebas pungli. Tujuannya agar petugas dan masyarakat yang akan dilayani sama-sama terbebas dari praktek pungli,” terang Kapolres.

Kasat Lantas AKP Nyi Ayu Fitria Facha,SH menambahkan, di area Kantor UP3AD, baik di luar maupun dalam kantor, juga harus bebas calo. “Kalau dulu banyak calo berkeliaran di area kantor, sekarang mereka tidak berani muncul setelah petugas memasang banner di depan pelayanan wajib pajak,” terang Kasat Lantas.

Pada kesempatan tersebut, dia meminta petugas yang berada di loket cek fisik selalu melayani wajib pajak dengan baik dan hindari pungli karena saat ini pemerintah sedang bertekad membersihkan berbagai pungutan liar.

Pada spanduk tersebut, kata dia, juga terdapat nomor telepon yang bisa dihubungi baik melalui panggilan maupun layanan pesan singkat (SMS).

“Ketika ada pungutan liar, masyarakat bisa langsung SMS ke nomor yang tertera pada spanduk,” ujarnya. Setiap pengaduan yang diterima dari masyarakat, katanya, akan ditindaklanjuti.

ZEBRA POERJO

Berita Terkait