Binkam

Ratusan Personel Amankan Unra Penjaringan Perangkat Desa di Sragen

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Sragen – Kapolres Sragen Polda Jawa Tengah AKBP Arif Budiman, menyiapkan ratusan personil pengamanan, terdiri dari para bhabinkabtibmas dan kanit Binmas Polsek jajaran, terkait rencana aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh koordinator peserta penjaringan perangkat desa kabupaten Sragen tahun 2018, di alun alun Sragen, Senin (13/08/2018).

“ Menyikapi berbagai perkembangan informasi, maupun terkait kesiapan pengamanan kedepan. Saya berharap bhabinkamtibmas bisa menjadi pintu terdepan memperoleh informasi dalam hal pemeliharaan kamtibmasnya, “ ujar AKBP Arif Budiman, saat memimpin apel kesiapan pengamanan unjuk rasa.

Dia mengapresiasi para bhabinkamtibmas yang mampu bekerja secara efektif, sehingga peran bhabinkamtibmas dalam pemeliharaan kamtibmas, yang menjadi pintu terdepan bisa mendeteksi secara dini setiap gangguan kamtibmas, ataupun memperoleh informasi secara cepat dan tepat, di samping fungsi intelegen yang sudah ada.

Bhabin diharapkan mampu dan eksis dalam rangka pemeliharaan kamtibmas dengan kegiatan sambang dan kunjungannya di tiap desa yang menjadi binaannya. Terkait dengan carut marutnya proses seleksi perangkat desa, Kapolres berharap para bhabinkamtibmas mengikuti dinamika perkembangan informasi, secara berjenjang.

Kapolres juga menguraikan dalam apel kesiapan pengamanan ini, bahwa dari data yang yang dihimpun hingga saat ini oleh team yang dibentuknya, mengatasi permasalahan proses penjaringan perangkat desa, ada sebanyak 21 Desa yang proses seleksi perangkat desanya ada permasalahan.

Adanya proses penjaringan yang catur marut, dengan data awal sejumlah 21 Desa, yang tersebar di beberapa kecamatan dan kawedanan ini, kemudian akan melakukan aksi unjuk rasa yang dikoordinatori oleh peserta penjaringan perangkat desa tahun 2018, yang merasa di rugikan dengan sistem penilaian oleh LPPM (lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat) , baik dari Universitas Muhammadiyah Surakarta dan STIE AUB Surakarta yang diindikasi ada kecurangan/ pengaturan sistem penilaian.

Menurut Kapolres, bahwa aksi unjuk rasa dengan di koordinatori oleh Drs H.M. Aziz Kristanto, Msi, ini telah memberitahukan kegiatannya sejak Jumat lalu. Kepada Kapolres, ia memberitahukan bila akan mengerahkan sebanyak dua orang peserta aksi unjuk rasa, bertempat di alun alun Sasono langen Putro kabupaten Sragen, pada pukul 09.00 WIB pagi.

Dari rencana aksi unjuk rasa ini, Kapolres telah menyiapkan pengamanan hingga ratusan personil, terdiri dari para bhabinkatibmas dan Kanit Binmas masing masing Polsek, serta di bantu personil Satuan Sabhara Polres yang akan di pimpinnya secara langsung.

(Humas Polres Sragen)

Berita Terkait