Karawitan Polres Magelang Iringi Pentas Wayang Kulit

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Magelang – Kapolres Magelang Polda Jateng, menghadiri pementasan wayang kulit semalam suntuk bertempat di Tourist Information Center ( TIC ) Dinas Pendidikan Pemuda olahraga dan Pariwisata, Brojonalan Borobudur Magelang, Rabu (2/8).

Pagelaran wayang tersebut diselenggarakan oleh Sanggar Kiranakirani Borobudur pimpinan Eko Sunyoto dari tingal Borobudur Magelang.

“ Pagelaran tari dan wayang kulit dalam revitalisasi ketahanan kekayaan budaya ini, juga sekaligus dalam rangka ujian bagi siswa kami dalam bidang tari besan, sehingga sebelum kita pentas Wayang kulit kita pentas beberapa tari yang ditampilkan oleh siwa siwi sanggar ” terang Eko Sunyoto.

Adapun pementasan wayang dengan kidalam Ki Eko Sunyoto dengan mengambil judul “ Tumuruning Wahyu Cakra Palereman” dengan pengiring Group Karawitan Bhayangkara Langen Budaya yang personilnya merupakan Polri dan ASN Polres Magelang.

Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo SIK SH dalam kesempatan tersebut telah menyampaikan apresiasi kepada Sanggar Kirana kirani yang telah mementaskan berbagai seni tari ini, semiga kedepannya anak anak bisa menjaga seni tradisional ini dari serangan seni modern terutama seni dari luar, terangnya.

Dan kami juga ucapkan terima kasih kepada para personil polres magelang yang telah menekuni seni karawitan ini, sebagai sarana Polri mendekatkan dengan masyarkat melalui seni tradisional sekaligus menguri uri kabudayan jawa yang adiluhung ini. Imbuhnya.

Semoga kepada personil jangan bosan berlatih dan tingkatkan terus kegiatan ini sehingga kedepannya melalui seni kita bisa sampaikan pesan pesan kamtibmas dan bersinergi dengan masyarakat melalui senibudaya.

Dalam kesempatan tersebut dihadiri pula Manteb sudarsono dari Kasi Pariwisata dinas Pendidikan Pemuda Olahraga dan pariwisata Kabupaten magelang, turis mancanegara dan para wali siswa sanggar kiranakirani.

Exit mobile version