BinkamMitra Polisi

Kunjungan Gubernur Jateng Promosi Agribisnis Di Soropadan

Tribratanews.jateng.polri.go.id – Temanggung – Polres Temanggung Polda Jateng melakukan pengamanan kunjungan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Rukma Setyabudi pada pembukaan Gelar Promosi Agribisnis di Soropadan Temanggung.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah Yuni Astuti mengatakan tema GPA ke-8 ini adalah modernissi pertanian Jawa Tengah menuju kedaulatan pangan.

Yuni menuturkan tema tersebut dimaksudkan untuk mendorong memanfaatkan aplikasi teknologi informasi dalam pembangunan pertanian setelah pembangunan pertanian melewati fase budi daya pertanian yaitu revolusi hijau dan mekanisasi.

“GPA ke-8 diikuti 84 stan, terdiri atas 58 stan SKPD provinsi dan kabupaten/kota, 17 stan dari swasta dan 9 stan dari BUMN/BUMD,” terangnya.

Ia menuturkan GPA ini sebagai sarana promosi, terutama untuk produk-produk pertanian, di samping itu juga alat-alat pertanian dan sarana produksi pertanian seperti benih, insektisida, dan pestisida.

“GPA juga berfungsi untuk rekreasi, hal ini terlihat dari indikator banyak pengunjung yang melakukan swafoto, artinya mereka ke sini juga bergembira sehingga fungsi rekreasi ini ke depan perlu mendapat perhatian,” katanya.

Ia mengatakan rangkaian kegiatan GPA selama 5 hari berupa pameran, yakni pameran teknologi pertanian, bursa komoditas pertanian unggulan, pameran sarana produksi pertanian, diselenggarakan seminar, sarasehan dan lokakarya, temu dagang, konsultasi perbankan dan lembaga keuangan.

“Dalam GPA ini juga ada klinik pertanian organik, temu dan kontak bisnis, serta lomba burung berkicau, merangkai tanaman obat, fotografi, cerdas cermat SMK pertanian, memancing, dan lomba stan,” ujarnya.

(Humas Polres Temanggung)

Berita Terkait