Binkam

Petugas Gabungan Kawal Jalannya Penghitungan Suara Pilgub Jateng di Grobogan

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Grobogan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Grobogan berharap ada surat suara khusus untuk pemilih di Rumah Sakit maupun tempat pelayanan kesehatan. Pasalnya, selama ini waktu yang diberikan bagi pemilih di sana tak cukup.

Komisioner KPU Jati Purnomo mengatakan waktu yang hanya satu jam saja, yakni 12.00 hingga 13.00 sulit untuk dimaksimalkan. Sedikitnya jumlah TPS di dekat Rumah Sakit menjadi salah satu faktor kurang maksimalnya pengambilan suara bagi mereka yang menjalani rawat inap.

’’Seharusnya ada Surat Suara khusus dan TPS khusus di Rumah Sakit untuk mengakomodasi pasien rawat inap, dokter, perawat serta mereka yang bekerja di sana,’’ katanya rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah di Kyriad Hotel Grandmaster Purwodadi, Rabu (4/7).

Menurutnya, selama ini pihaknya hanya mampu melayani sekitar 70% dari pasien di beberapa Rumah Sakit di Kabupaten Grobogan. Dengan tersedianya TPS dan surat suara khusus diharapkan hak memilih yang melekat pada pasien dapat tersalurkan.

’’Tersedianya TPS dan surat suara khusus ini nantinya pasien maupun dokter dan perawat tidak bergantung pada TPS terdekat. Di samping itu, waktunya juga lebih panjang untuk memberikan hak pilihnya. Dokter dan perawat pun tetap dapat memberikan pelayanan yang prima pada pasienny,’’ jelasnya.

Dalam rapat pleno terbuka itu, hasil penghitungan suara Pilgub Jateng 2018 tercatat hanya sekitar 59,4% pemilih. Rinciannya, dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebesar 1.089.214 orang, hanya 645.404 pemilih yang menggunakan hak pilihnya.

’’Untuk Pilgub tahun ini, Alhamdulilah mengalami peningkatan sekitar 15 persen dibandingkan Pilgub tahun sebelumnya. Dulu partsipasi pemilih sekitar 45 persen, saat ini ada sekitar 59,4 persen pemilih. Meski sebenarnya masih dibawah target yakni 77,5%,’’ ujarnya.

Kegiatan tersebut mendapat pengamanan dari petugas gabungan Polres Grobogan, Kodim dan Linmas, sampai dengan berakhirnya acara berlangsung aman dan kondusif.

Berita Terkait