Binkam

Warisan Budaya Kuda Lumping Meriahkan Halal Bihalal di Majakerta Watukumpul

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Pemalang – Sedikit berbeda dari biasanya, Kegiatan Halal Bihalal yang pada umumnya diisi dengan giat keagamaan seperti Pengajian dan Doa bersama, di Desa Majakerta Watukumpul Halal Bihalal dimeriahkan dengan hiburan pentas seni Kuda Lumping atau yang lebih dikenal dengan Jatilan, rabu (20/06/2018).

Kegiatan Halal Bihalal dengan hiburan pentas seni Kuda Lumping merupakan ide dari Kades Majakerta Sdr. Dedi Umaryadi dan Kapolsek Watukumpul serta beberapa tokoh pemuda dengan tujuan untuk menghidupkan kembali seni budaya yang lama kelamaan terkikis oleh jaman. Adapun Grup Kuda lumping yang diundang berasal dari grup lokal di Desa Kuta Kecamatan Belik.

“Kami sudah koordinasi dengan Kapolsek watukumpul tentang giat apa yang akan ditampilkan dalam acara halal bihalal warga Majakerta, dari hasil kesepakatan kami memutuskan untuk mengundang Grup Kuda Lumping dari Desa Kuta Kecamatan Belik“ ungkap Dedi Umaryadi Kades Majakerta watukumpul.

Pentas seni Kuda Lumping diselenggarakan di halaman rumah Sdr. Toid alamat Dusun Penusupan Desa Majakerta Rt.03 Rw.02 Kecamatan Watukumpul. Pada saat kegiatan berlangsung, halaman tempat atraksi penuh sesak oleh penonton, pemain kuda lumping, perangkat gamelan serta sindennya.

“Kuda lumping adalah budaya asli nenek moyang kita, meski berbau mistis dan atraktif namun dalam pelaksanaanya jauh dari bahaya baik bagi penonton ataupun pemainnya sendiri, tentu saja hal ini harus dilakukan oleh profesionalnya” jelas Kapolsek Watukumpul

Selanjutnya kapolsek watukumpul saat memonitor pelaksanaan kegiatan memberi masukan agar tidak melakukan atraksi yang melanggar kodrat atau melawan kehendak alam misalnya debus dengan membahayakan keselamatan jiwa raga dan harta benda serta atraksi lain yang tidak relevan dengan seni budaya kuda lumping seperti dilindas mobil dan sebgainya.

“Kami tekankan betul tentang safety, atraksi yang akan kami tampilkan turun temurun seperti makan kaca, kesurupan dan seni bawaan kuda lumping lainnya ” kata Fuad Hasyim ketua paguyuban langeng budoyo kuta belik.

Kegiatan berlangsung meriah dalam cuaca yang cerah, pengamanan dari Polsek dan Koramil Watukumpul yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Watukumpul memonitor pelaksanaan pertunjukan hingga selesai.

Humas Polres Pemalang

Berita Terkait