Lantas

Satlantas Polres Purbalingga Bersama Dishub Cek Kelaikan Bus AKAP di Terminal

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Purbalingga – Satlantas Polres Purbalingga bersama petugas dari Dinas Perhubungan Kabupaten Purbalingga melaksanakan pengecekan laik jalan terhadap bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Purbalingga, Selasa (19/7/2018).

Sejumlah bus AKAP dilakukan pemeriksaan oleh petugas gabungan tersebut. Ada beberapa sasaran pemeriksaan mulai dari kelengkapan surat, peralatan kendaraan, kondisi kendaraan dan alat pendukungnya.

Kasat Lantas Polres Purbalingga AKP Sukarwan melalui Kanit Dikyasa Ipda Wagimin mengatakan bahwa pemeriksaan ini dilakukan untuk melihat kesiapan armada bus AKAP yang akan digunakan mengangkut penumpang saat arus balik lebaran. Pengecekan dilakukan untuk menjamin kendaraan laik jalan dan siap digunakan.

Ada tiga bus AKAP yang kita lakukan pemeriksaan, diantaranya bus jurusan Jakarta dan Surabaya. Bus tersebut dilakukan pemeriksaan alat pemadam kebakaran, alat pemecah kaca, lampu utama, lampu sein, kelengkapan P3K dan kondisi roda.

“Hasil pemeriksaan tidak ditemukan adanya pelanggaran pada bus yang dilakukan pengecekan. Seluruh bus AKAP yang diperiksa dinyatakan laik jalan dan siap untuk mengangkut penumpang saat arus balik lebaran,” kata Wagimin.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Purbalingga Imam Wahyudi mengatakan pengecekan laik jalan bus dan angkutan umum dilakukan di tiga lokasi. Lokasi tersebut yaitu Terminal Bobotsari, Terminal Purbalingga dan Terminal Bukateja.

“Selain pengecekan kelaikan kendaraan kita lakukan pemeriksaan kesehatan sopir dan awak angkutan. Pemeriksaan dilaksanakan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga,” kata Imam Wahyudi.

Dengan pemeriksaan kendaraan dan pengemudinya diharapkan mereka benar-benar siap untuk membawa penumpang saat arus balik. Sehingga tidak terjadi gangguan saat mengangkut penumpang.

(Humas Polres Purbalingga)

Berita Terkait