BinkamFeatured

Polda Jateng Siap Hadapi Pilkada dan Arus Mudik Lebaran 2018

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Kota Semarang – Kepala Biro Operasi Polda Jateng Kombes Pol Hariyanto mewakili Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Drs. Condro Kirono, M.M., M.Hum menjadi narasumber Talk Show pada program acara Odmil (Obrolan Santai dengan Si Jamil) dengan tema “Kesiapan Polda Jawa Tengah Menghadapi Pilkada dan Arus Mudik Lebaran 2018 di studio TVKU, Gedung E Lantai 2 Kompleks UDINUS Semarang, Senin (14/5).

Turut hadir dan menyaksikan acara tersebut yaitu Rektor Udinus Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom bersama Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Agus Triatmaja.

Sebagai pembuka, Karoops Polda Jateng menjelaskan bahwa dalam menghadapi Pilkada Serentak 2018, Polda Jateng sudah membentuk beberapa satgas, diantaranya satgas anti black campaign atau satgas anti kampanye hitam. Satgas tersebut yang memantau setiap pergerakan dimedia sosial tentang pilkada. Setiap hari satgas ini melaksanakan patroli cyber.

“Selama operasi ini baru satu kali yang dilaporkan berkaitan tentang kampanye hitam,” kata Karoops.

Beralih tema, Karoops Polda Jateng juga menghimbau kepada masyarakat terkait aksi teror bahwa masyarakat tidak boleh takut dengan teroris, masyarakat harus membantu Polri untuk memerangi terorisme dengan memberikan informasi kalau ada yang dicurigai.

“Kalau ada berita-berita yang tidak pasti atau hoax mengenai aksi teror jangan sampai di share,” ujarnya.

Berkaitan dengan Arus Mudik Lebaran, Kedepan Polda Jateng akan melaksanakan Operasi Ketupat Candi yang tahun kemarin menggunakan nama Operasi Ramadniya.

“Nantinya, Pemudik yang memasuki wilayah Jawa Tengah untuk Jalur Tol Kanci ke Pemalang itu sudah operasional, dalam artian dikenai biaya tol. Setelah Pemalang ke Krapyak Semarang gratis karena masih jalur fungsional atau tol darurat,” terang Kepala Biro Operasi Polda Jateng ini.

Dipastikan bahwa untuk jalur fungsional atau tol darurat itu pasti aman, akan ada anggota Kepolisian setiap 5 Kilometernya serta akan dipasang rambu-rambu penunjuk arah.

Operasi Ketupat nantinya Kepolisian tentunya bekerja sama dengan beberapa stakeholder diantaranya Dishub, Saka Bhayangkara dan lain sebagainya.

“Untuk Pilkada nanti kita harapkan masyarakat Jawa Tengah untuk memberikan suaranya, karena satu suara menentukan Jawa Tengah semakin maju,” harap Karoops.

“Kemudian untuk yang nantinya melaksanakan mudik khususnya ke Jawa Tengah, cek kendaraan, kesehatan dijaga, ikuti aturan rambu-rambu yang ada di jalan,” himbau Karoops kepada Pemudik Lebaran nanti.

PID Bidhumas Polda Jateng

Berita Terkait