Binkam

Ibadah Kamis Putih di Santa Maria Kondusif Dijaga Polres Sragen

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Sragen – Semalam, Seluruh umat Katolik di kabupaten Sragen merayakan Kamis Putih yang jatuh pada 29 Maret 2018, Dalam tradisi Gereja Katolik, Kamis Putih adalah simbol dari Trihari Suci menjelang perayaan Paskah yang dikenang sebagai hari kebangkitan Yesus Kristus dari kematiannya di kayu salib. Ibadah Kamis Putih langsung peroleh pengamanan penuh Kapolres Sragen Polda Jawa Tengah AKBP Arif Budiman, dengan mengerahkan hampir seluruh personilnya, Jumat (30/03/2018).

Terkhusus di gereja Katholik terbesar di kabupaten Sragen, yakni Gereja Santa Maria Di Fatima Sragen, pengamanan mengawali Tri Hari Suci menjelang perayaan Paskah ini dipimpin Kapolsek Sragen Kota AKP Suseno.yakni Gereja Santa Maria Di Fatima Sragen, pengamanan mengawali Tri Hari Suci menjelang perayaan Paskah ini dipimpin Kapolsek Sragen Kota AKP Suseno.

Kamis Putih di Gereja Santa Maria dipimpin Romo Yustinus Slamet Wito Karyo , secara khusus mengenang malam perjamuan terakhir Yesus bersama dua belas muridnya. Yang disertai dengan membasuh kaki para murid sebagai simbol pelayanan tulus dari seorang pemimpin. Dimana tradisi ini terus dipertahankan dan masih terus ada di setiap perayaan Kamis Putih. Tradisi ini sekaligus menyatakan bahwa pelayanan dan cinta kasih Kristus bukan untuk dilayani, tetapi untuk melayani, sebagaimana di sampaikan Romo Yustinus dalam kotbahnya . Makna pembasuhan kaki di hari Kamis Putih juga untuk menyatakan bahwa Kristus melayani sesama dengan rendah hati dan penuh cinta kasih.

Hal-hal baik yang bisa dipelajari dari perayaan Kamis Putih antara lain mempelajari tentang makna pelayanan, kerendahan hati, kebersamaan, dan kesederhanaan. Semua ini untuk memberikan pelajaran keteladanan mengenai penghormatan.

Acara Kamis Putih diakhir dengan penghormatan terhadap Sakramen Maha Kudus, hingga ibadah kamis Putih usai di gelar di Gereja santa Maria dan seluruh gereja di kabupaten Sragen dengan lancar.

(Humas Polres Sragen)

(Humas Polres Sragen)

(Humas Polres Sragen)

Berita Terkait