Binmas

Polisi Tresno Polres Banjarnegara : Pipa Air Bersih Untuk Masyarakat Pandanarum

Tribratanews.jateng.polri.go.id – Tanah bergerak di Desa Sirongge Kecamatan Pandanarum Kabupaten Banjarnegara pada Jumat (9/2/2018) sore mengakibatkan ratusan kepala keluarga sempat mengungsi ke daerah yang lebih aman.

Tidak hanya itu, masyarakat diwilayah tersebut pun kesulitan mendapatkan air bersih dikarenakan pipa-pipa dari mata air yang mengalirkan air ke rumah warga, rusak akibat tanah bergerak tersebut.

Mengetahui hal itu, Kapolres Banjarnegara, AKBP Nona Pricillia Ohei, SIK, SH, MH dengan program Polisi Tresnonya memberikan bantuan yang diberikan langsung kepada BPBD Banjarnegara dan Kapolsek Pandanarum untuk pemasangan pipa di Desa Sirongge.

Dengan Program Polisi Tresno yang berarti Temoto atau temata, Roso atau rasa, Empati, Subyung atau bekerjasama, Ngamanke atau mengamankan dan Open atau peduli diharapkan oleh Kapolres Banjarnegara dapat sedikit membantu kesulitan yang terjadi pada masyarakat di wilayah Banjarnegara.

“Kami mendengar keluhan dari masyarakat tentang sulitnya mendapatkan air bersih akibat bencana tanah bergerak. Untuk itu, setelah masyarakat diperbolehkan kembali ke rumah masing-masing usai situasi dinyatakan aman, kami berikan bantuan berupa pipa agar masyarakat dapat terbantu dalam mendapatkan air bersih di daerahnya,” ucap Kapolres Banjarnegara.

Segera, setelah bantuan tersebut diberikan, pada Minggu (18/2/2017) Polsek Pandanarum, Koramil, BPBD Banjarnegara, dan warga sekitar kemudian melakukan gotong royong memasang pipa air.

“85 batang pipa dengan panjang enam meter berhasil dipasang mulai dari pukul sembilan pagi hingga pukul dua sore. Pipa tersebut mengalirkan air dari mata air menuju penampungan yang jaraknya kira-kira 1.100 meter,” ucap Kapolsek Pandanarum, Iptu Daryono.

Lebih lanjut Kapolsek menjelaskan air pada penampungan kemudian disalurkan lagi menuju rumah-rumah warga dengan menggunakan selang ataupun pipa kecil.

Suwarno Al Didi, Kepala Desa Sirongge mengapresiasi kegiatan tersebut dan mengucapkan terima kasih atas bantuan pipa saluran air bersih dari Kapolres Banjarnegara. Ia berharap dengan air bersih yang dapat dialirkan tersebut masyarakat tidak khawatir akan ketersediaan air bersih.

(Humas Polres Banjarnegara /a)

Berita Terkait