BinkamMitra Polisi

Kapolres Sragen dan Dandim Pimpin Apel Akbar Deklarasi Netralitas Pilgub Jateng 2018

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Sragen – Serentak suara yel yel ratusan personil TNI Kodim 0725, personil Yonif 408 Sragen dan personil Polri Polres Sragen Polda Jawa Tengah, menyuarakan semangat pagi , saat momen Apel Akbar TNI-POLRI dalam rangka Deklarasi Netralitas Pilgub Jateng Damai Tahun 2018 di gelar Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman bertempat di alun alun Sasono Langen Putro kabupaten Sragen pagi ini, Selasa (13/02/2018).
Selain diikuti oleh Dandim 0725 Sragen, Apel Akbar TNI-Polri ini diikuti pula oleh komandan Yonif 408 Sragen Mayor inf Jony Eko Prasetyo, komandan CPM Sragen Kapten Sigit, serta dari kantor pemerintah daerah kabupateh Sragen Ir Simon Nugroho.

Apel Akbar TNI-POLRI dalam rangka Deklarasi Netralitas Pemilihan Gubernur Jateng Damai tahun 2018, dipimpin langsung dua pucuk pimpinan TNI- POLRI di kabupaten Sragen, antara Kapolres Sragen dengan Dandim 0725 Sragen Letkol Arh Camas Sigit Prasetyo, berdiri di satu mimbar.

Acara diawali dengan pembacaan ikrar janji Komitmen Netralitas TNI-POLRI pada Pilgub Jawa Tengah tahun 2018 dipimpin oleh Dandim 0725 Sragen dan ditirukan oleh seluruh peserta apel, yang berisi antara lain, Kami Anggota TNI-POLRI Daerah Jawa Tengah berikar “bersikap Netral pada Pilgub Tahun 2018, sesuai Peraturan Perundang undangan yang berlaku, tidak Menggunakan Wewenang, Memberikan Dukungan Politik dan Keberpihakan kepada Pasangan Calon, tidak Memberikan Fasilitas Dinas maupun Pribadi, guna kepentingan Politik bagi Pasangan Calon, tidak Memakai, Memasang Atribut dan Foto Bersama Pasangan CALON, memberikan Pengamanan secara Adil dan Setara kepada semua Pasangan Calon.”

Selain berikrar untuk komitmen menjaga netralitas dalam rangka Pilgub Jateng Damai 2018. Diacara tersebut juga mendengarkan sambutan Kapolres Sragen. Diawal sambutannya, AKBP Arif Budiman menyemangati para peserta apel dengan lontaran ucapan yel yel yang ingin ia dengar sebagai sinergitas antara TNI dan Polri di kabupaten Sragen menyambut Pilgub Jateng Damai tahun 2018,“ pada kesempatan pagi ini saya ingin melihat semangat dari seluruh personil, baik dari jajaran TNI, ataupun Polri yang hadir pada apel akbar TNI Polri ini.

Ucapan semangat pagi pun di lontar Kapolres dengan ucapan Selamat Pagi..!!. lantas ratusan personil yang berjajar di alun alun Sragen inipun sontak membalas ucapan Kapolres , “ Pagi.. pagi..pagi..Luar biasa dan tetap Semangat ..!!

Ikrar Deklarasi Netralitas ini merupakan bentuk dan wujud komitmen kita semua, seluruh jajaran TNI-Polri yang ada di kabupaten Sragen., dalam rangka menyongsong dan mengamankan rangkaian tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Damai tahun 2018 daerah Jateng.

Dalam substansi deklarasi sebagaimana tadi telah diikrarkan oleh rekan rekan terkandung makna, bahwasanya ikrar tersebut tidak hanya di sampaikan secara lisan, tapi lebih penting dibalik itu semuanya adalah mengaplikasikan serta melaksanakan dalam setiap rangkaian kegiatan pengamanan, maupun juga kehidupan bermasyarakat yang kita laksanakan, “

Rangkaian Pilgub 2018 ini, sesungguhnya merupakan rangkaian konstelasi dari pesta demokrasi dimana masyarakat atau rakyat memilih pemimpinnya, sebagai gubernur dan wakil gubernur selama 5 tahun mendatang.

Pesta demokrasi ini sendiri merupakan wujud dari amanah konstitusi, dimana kita sebagai bagian dari aparatur negara yang bertanggung jawab, terkait pemeliharaan keamanan dan ketertiban serta pertahanan, bertanggungjawab untuk mengamankan seluruh rangkaian tahapan dari awal sampai akhir pelantikan.

Dalam perkembangannya, tentu saja hal ini membutuhkan sikap netralitas kita untuk melaksanakan pengamanan secara adil tidak pandang bulu dan tidak pilih kasih, mewujudkan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur 2018, secara damai aman tertib dan kondusif.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres juga mengharap adanya komunikasi antara TNI-Polri dengan seluruh penyelenggara Pemilu, para kontestan Pemilu baik dari Parpol maupun juga lembaga yang ada di masyarakat, untuk melahirkan kekutan menjaga keamanan dan ketertiban menyongsong Pilgub Damai tahun 2018 yang aman lancar dan kondusif.

Diakhir sambutannya, Kapolres juga mengatakan tidak akan mentolerir segala bentuk gangguan yang membuat situasi Pilgub 2018 menjadi tidak netral baik personil TNI ataupun Polri.

(Humas Polres Sragen)

Berita Terkait