Binkam

Cek Lokasi Tanah Longsor, Anggota Polsek Kejobong Bersama Warga Bersihkan Pohon Bambu

Tribatanews.jateng.polri.go.id, Purbalingga – Personel Polsek Kejobong Polres Purbalingga mendatangi lokasi kejadian tanah longsor di Desa Krenceng, Kecamatan Kejobong, Purbalingga, Senin (8/1/2018).

Setelah melakukan pengecekan lokasi kejadian, personel dari Polsek Kejobong bersama warga membersihkan pohon bambu. Pohon bambu ikut terbawa longsor masuk ke jalan setapak sehingga harus dibersihkan agar tidak menggangu.

Kapolsek Kejobong AKP Yanis Sri Purbono mengatakan bahwa mendapati laporan kejadian longsor pihaknya langsung melakukan pengecekan di lokasi kejadian. Longsor terjadi di wilayah Desa Krenceng RT 14 RW 5.

“Tidak ada korban jiwa dalam tanah longsor tersebut. Namun dari kejadian tersebut tebing setinggi kurang lebih 10 meter longsor dan pohon bambu yang ada di lokasi ikut roboh terbawa tanah yang bergerak,” jelas kapolsek.

Selain itu, akibat longsor rumah milik Mahtori yang berada di dekat lokasi terancam longsor apabila hujan deras kembali melanda. Karena jarak rumah dengan lokasi longsor tinggal sekitar lima meter.

Kapolsek mengimbau kepada warga yang berada di dekat lokasi untuk waspada apabila hujan deras terjadi. Lebih baik tinggalkan rumah dan mengungsi ke rumah kerabat yang lebih aman untuk menghindari adanya korban akibat tanah longsor.

Kepala Desa Krenceng, Siron (56) menerangkan bahawa terjadinya longsor akibat hujan yang terus menerus Minggu (7/1)2018) sore. Sehingga air mengerus tebing dan mengakibatkan longsor. Untuk sementara pohon bambu yang turut roboh sudah dibersihkan warga beserta petugas polisi yang hadir. 

Rencananya kita akan lakukan kerja bakti melibatkan warga lingkungan RT untuk memperbaiki tebing. Di lokasi tersebut akan dipasang patok dari bambu yang ditempatkan karung berisi tanah untuk menopang tebing ehingga menengah terjadinya longsor susulan. 

( Humas Polres Purbalingga Polda Jateng )

Berita Terkait