Pembinaan PersonelSamapta

Tingkatkan Kemampuan, Dalmas Sat Sabhara Polres Pekalongan Gelar Latihan Tongkat T

Tribratanews.jateng.polri.go.id,  Pekalongan –  Tongkat T merupakan atribut wajib saat mengenakan pakaian dinas. Tongkat T bukanlah hiasan di tubuh polisi. Namun Tongkat T memiliki fungsi pertahanan maupun saat menyerang. tongkat T wajib dibawa, bahkan harus melekat di tubuh anggota saat berdinas. Saat ini tongkat wajib dibawa polisi berseragam. Rabu (3/1/18)

 

Namun tidak hanya sebagai pajangan, melainkan harus difungsikan sebagaimana mestinya, ini sebagai upaya untuk profesionalisme polisi. Oleh karena itu, saat ini anggota Sat. Sabhara Polres Pekalongan mulai mengoptimalkan kembali fungsi tongkat T. Anggota Sabhara Polres Pekalongan kembali diajarkan untuk menggunakannya. Di kepolisian terdapat gerakan-gerakan dalam memanfaatkan tongkat. Terdapat drill tongkat, latihan drill tongkat rutin di berikan pada anggota dua minggu sekali secara bergiliran.

 

Gerakan itu bukan hanya sekedar menggerakkan tubuh, namun ada fungsi bertahan dan menyerang. Terdapat 24 gerakan pertama dan 20 gerakan kedua. Gerakan pertama digunakan untuk pertahanan, sedangkan gerakan kedua untuk menyerang.

 

Dalam drill tongkat, juga terdapat pelatihan saat perkelahian antara pelaku kriminal dengan polisi. Gerakan-gerakan perkelahian untuk melumpuhkan pelaku kejahatan, merupakan kombinasi dari gerakan pertama dan kedua.

 

“Setiap anggota Dalmas harus mahir dan bisa menggunakan Tongkat T untuk menjaga pertahan diri dan untuk difungsikan sebagaimana mestinya, ini sebagai upaya untuk profesionalisme polisi.” Ujar Kasat Sabhara Polres Pekalongan AKP Prisandi Tiar S.T, S.Kom.(Bayu)

 

Editor : Humas Polres Pekalongan 

Berita Terkait