BinkamPolairud

Antisipasi Lonjakan Penumpang Kapal, Ini yang Dilakukan Sat Polair Polres Jepara

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Jepara – Guna untuk mengantisipasi lonjakan penumpang kapal pada saat libur panjang natal dan tahun baru, Satuan Polisi Perairan Resor Jepara membentuk pos keamanan laut terpadu (Kamladu) di pelabuhan penyeberangan Kartini Jepara, Senin (25/12/2017). Keamanan laut terpadu terdiri dari unsur Sat Polair, TNI AL, Kompi Air TNI AD (Bekang), Syahbandar, Basarnas, ASDP, Dishubkominfo dan Kesehatan Pelabuhan (Karantina).

Kepala Satuan Polisi Perairan Resor Jepara AKP Hendrik Irawan, S.H menyatakan, pos keamanan laut terpadu ini kami dirikan bersama instansi terkait guna untuk pengamanan libur panjang natal dan tahun baru, yang mana pada liburan panjang tahun ini kami prediksi lonjakan penumpang kapal akan terjadi di pelabuhan Kartini Jepara. Selain untuk mengantisipasi lonjakan penumpang kapal, pos Kamladu ini kami dirikan juga untuk memonitoring serta quick respon bilamana ada kejadian-kejadian di laut supaya penanggulanngannya lebih cepat dan mudah.


Dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di pos Kamladu, Kasat Polair Polres Jepara menugaskan personelnya untuk piket siaga (Standby) di pos Kamladu secara bergantian bersama pegawai instansi terkait, yang mana dalam pelaksanaan tugasnya personel Kamladu ini difungsikan untuk pengamanan dan pengawasan setiap keberangkatan maupun kedatangan kapal penumpang KMC. Express Bahari dan KMP. Si Ginjai, selain untuk pengamanan dan pengawasan, pos Kamladu ini juga difungsikan untuk meberikan pelayanan kepada masyarakat atau penumpang kapal.

(Humas Polres Jepara)

Berita Terkait