HeadlinePembinaan Personel

Waka Polda Jateng Resmikan Taman Lalu Lintas Polres Kudus

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Kudus – Berbagai inovasi dilakukan Satuan Lalu Lintas Polres Kudus dalam menangani rendahnya tingkat kesadaran masyarakat untuk tertib berlalulintas, salah satunya dengan membuat Taman Lalu Lintas di hutan Kota Rendeng Kab Kudus. Dengan adanya taman tersebut dapat menjadikan sarana edukasi bagi anak-anak tentang tata cara berkendara di jalan.

Bekerjasama dengan Pemkab Kudus dan Djarum Foundation hari ini, Kamis (14/12/2017), Taman Lalu Lintas diresmikan oleh Wakapolda Jawa Tengah Brigjen Pol Drs.Indrajit, S.H.

Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning Sik,M.H. mengatakan, kesadaran tertib berlalulintas di Kabupaten Kudus masih rendah. Untuk itu dibutuhkan upaya penyadaran sejak usia dini. Salah satu upaya yang dilakukan yakni berupa pembuatan taman lalu lintas sebagai sarana edukasi tentang tata cara berkendara di jalan.
“Ditaman tersebut, ada sejumlah rambu-rambu lalin, perempatan, tempat bermain dan rumah edukasi, serta berbagai permainan. Intinya agar dapat berkesan edutainment”, Ujarnya

Selain menjadi area terbuka hijau, Taman Lalu Lintas dan Hutan Kota ini berfungsi sebagai salah satu wadah edukasi publik karena telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas khusus yang bermanfaat menjadi sarana pembelajaran bagi masyarakat.
Ia menjelaskan keberadaan taman dapat meningkatkan kesadaran anak-anak di Kudus yang kedepan mereka dapat menjadi pelopor keselamatan berlalulintas.

“Dengan bermain ditaman lalin, maindset anak-anak akan berubah menjadi disiplin. Ketika melihat keluarganya tidak tertib, mereka akan mengingatkan”, imbuhnya

Sementara itu, Bupati Kudus Musthofa yang diwakili oleh Sekda Kudus Noor Yasin mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kudus memiliki visi untuk senantiasa mengupayakan berbagai fasilitas publik yang memiliki manfaat edukasi sekaligus dapat menjaga kelestarian lingkungan.

“Pemerintah Kabupaten Kudus senantiasa berupaya untuk mewujudkan sarana lingkungan yang bermanfaat dan dapat memberikan edukasi untuk semua warga. Dengan adanya Taman Lalu Lintas dan Hutan Kota ini, kami harapkan tidak hanya berfungsi sebagai kawasan hijau, namun lebih penting lagi juga bisa menjadi sarana edukasi khususnya anak-anak tentang lalu lintas,” terangnya

Selain itu, Wakapolda Jawa Tengah Brigjen Pol Drs.Indrajit, S.H menyampaikan, taman lalu lintas ini bisa menjadi sarana interaksi bagi anak-anak untuk belajar tentang disiplin berlalu lintas. Dijajaran Polda Jateng hampir semua telah memiliki taman lalu  lintas.

“Taman Lalu Lintas ini merupakan sarana pendukung bagi program-program yang akan lebih mendekatkan masyarakat dengan Kepolisian. Terlebih dengan berbagai fasilitas yang ada di dalamnya dapat dimanfaatkan sebaik mungkin agar menjadi sarana edukasi dini kepada anak tentang kedisiplinan berlalu lintas,” tuturnya.

Sementara itu, Vice President Djarum Foundation FX Supanji mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk turut memberikan edukasi kepada masyarakat luas tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan tertib berlalulintas.(Humas Kudus)

Berita Terkait