BinmasMitra Polisi

Kapolres Bersama Forkopimda Sragen Peringati Hari HIV Aids Sedunia di Gunung Kemukus

tribratanews.jateng.polri.go.id, Sragen –Memperingati hari HIV Aids sedunia, Kapolres Sragen Polda Jawa Tengah AKBP Arif Budiman mengajak masyarakat yang tinggal di seputaran obyek wisata religi Gunung Kemukus, dalam acara pencegahan penyebaran HIV Aids di Kabupaten Sragen, bersama sama dengan Bupati dan unsur Forkopimda lainnya, Selasa (05/12/2017).
Acara di selenggarakan di pusat obyek wisata religi halaman makam pangelaran Samudra, Desa Pendem Kecamatan Sumberlawang Sragen. Diikuti oleh sejumlah 200 warga desa pendem. Hadir pula dalam kegiatan bersama Kapolres dan Bupati Sragen dr Kusdinar Untung yuni Sukowati ini yakni Letkol Arh Camas Sigit Prasetyo M.MDS Dandim 0725 Sragen, Kapten CPM Yohanes Sigit Dansub Dempom  IV / 4-1 Sragen , Lettu Inf. Hari Siregar Pasi Intel Yonif 408, Ir Endang Handayani, MM Asisten I Pemda Sragen, Ir Haryoto MM selaku Komisi Penanggulangan HIV Aid Kabupaten Sragen  , serta Kapolsek dan Muspika kecamatan Sumberlawang Sragen.
Sementara Komisi penanggulanga HIV Aids Ir. Haryoto, M.M dalam arahannya berintikan penyampaian pemahaman dan ajakan kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran HIV Aids di kabupaten Sragen, diawali dari masyarakat desa Pendem ini. lebih adlam lagi ia menerangkan bahwa, “ Penderita HIV Aids Per November 2017 sebanyak 328 Kasus penderita HIV dan 441 Kasus penderita Aids dengan perincian mereka yang terinfeksi dilihat dari golongan pekerjaan yakni golongan wiraswasta  sebanyak 244 atau 31,4 persen, ibu rumah tangga sebanyak 156 atau 20,26 persen, Pekerja Seks Komersial sebanyak 74 atau 9,6 persen dan anak terinfeksi sebanyak 22 orang. Sedangkan  penyebaran HIV Aids diantaranya Heteroseksual  99 persen, Perinatal  2  persen , Homoseksual  1, 95 persen, IDU  1,5 persen dan transfusi darah 0 persen.”
Dalam kegiatan ini pula, pihak penanggulangan aids mendukung sebanyak 3 Puskesmas yang akan membantu masyarakat dalam pemeriksaan VCT.
Sementara itu, di hari HIV Aids sedunia, menanggapi keterangan Haryoto yang memaparkan masih adanya penyebaran Aids di kabupaten Sragen ini, Bupati Sragen dr Kusdinar Untung Yuni Sukowati  menerangkan bahwa dengan memperingati Hari HIV Aids sedunia ini, di harapkan masyarakat dapat memahami dan menghindari penularanan serta mencegah agar tiak terjangkit HIV Aids.
Bagi mereka para penderita HIV Aids, tidak boleh dikucilkan namun harus kita berikan dorongan hidup, untuk menyembuhkan diri. Peringatan Hari ini digelar karena Pemerintah kabupaten Sragen sekaligus mengkampanyekan bahwa di obyek wisata Gunung Kemukus Desa Pendem ini bebas prostitusi, kedepan kegiatan keagamaan akan dilaksanakan disini sehingga perlahan akan menghilangkan image negatif tentang obyek wisata Gunug Kemukus sebagai salah satu obyek wisata religi yang menyimpan kesan negatif di mata masyarakat, hal ini sebagaimana di sampaikan Bupati Sragen dalam sambutannya siang ini.

Berita Terkait