BinmasMitra Polisi

Polsek Kalimanah Purbalingga Berikan Pelatihan Satpam

Tribratanews.jateng.polri.go.id,
Purbalingga – Polsek Kalimanah Polres Purbalingga menyelenggarakan pelatihan satpam yang diikuti perwakilan anggota satpam dari sejumlah perusahaan dan sekolah serta perbankan. Pelatihan dilaksanakan di Polsek Kalimanah diikuti 28 satpam yang ada di wilayah Kecamatan Kalimanah, Kamis (16/11/2017).
Kegiatan diawali dengan apel yang dilakukan untuk mengecek jumlah peserta dan memberikan arahan. Dilanjutkan dengan pengecekan sikap tampang dan kelengkapan perorangan anggota satpam.
Usai pelaksanaan apel, dilanjutkan dengan latihan keterampilan dasar satpam. Latihan keterampilan dasar meliputi pengaturan lalu lintas, bela diri dan baris berbaris. Seluruh gerakan diperagakan oleh peserta pelatihan setelah diberikan contoh oleh instruktur.
Selesai latihan di halaman, selanjutnya diberikan pembekalan di ruang aula. Beberapa hal yang disampaikan antara lain terkait tugas pokok fungsi dan peranan satpam sebagai pengamanan swakarsa. Selain itu diberikan tata cara pelaporan dan penanganan apabila mendapati gangguan keamanan di lingkungan tempat bekerja.
Kapolsek Kalimanah melalui Kanit Binmas Ipda Susmono selaku instruktur pelatihan mengatakan bahwa kegiatan pelatihan satpam sengaja dilaksanakan guna meningkatkan keterampilan satpam. Dimana satpam harus mengetahui tugas pokok fungsi dan peranannya sebagai pengamanan swakarsa.
Selain itu dilatihkan kembali keterampilan dasar yang harus dimiliki seperti baris berbaris, pengaturan lalu lintas dan bela diri. Hal tersebut berguna untuk mendukung tugas satpam dalam pengamanan.
“Materi yang disampaikan sebenarnya hanya mengulang apa yang sudah dilatihkan dalam pendidikan dasar satpam. Namun, dengan dilatihkan kembali diharapkan mampu meningkatkan kemampuan satpam,” jelasnya.
Susmono menambahkan dengan pelatihan yang sudah diberikan, diharapkan satpam mampu menjaga keamanan di tempat kerja dengan maksimal. Sehingga satpam mampu membantu tugas kepolisian dalam menjaga keamanan untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif.
Dalam pelatihan juga diberikan hadiah menarik berupa jas hujan kepada dua orang satpam. Yang pertama Edi Priono (30) satpam Nasmoco Purbalingga yang berpenampilan rapi dan sesuai ketentuan. Selain itu, Zaenal Abidin (40) satpam dari PT Bio Takara berhasil menjawab pertanyaan tentang materi yang sudah diberikan.
( Humas Polres Purbalingga Polda Jateng )

Berita Terkait