Giat OpsLantas

Tidak Bisa Tunjukkan Kelengkapan Berkendara, Ratusan Pengguna Jalan Ditilang

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Kebumen – Razia kelengkapan berkendara, dalam rangka Operasi Zebra Candi 2017 terus digiatkan Polres Kebumen.

Di hari ke-2 Operasi ini, Polres Kebumen telah beberapa kali menggelar razia dan menindak ratusan pengguna jalan yang tidak bisa menunjukkan kelengkapan berkendara.

Untuk hari ini, Kamis (02/11) ada dua lokasi sasaran razia. Yakni, di jalan utara alun alun Kebumen, tepatnya di depan gedung DPRD Kabupaten Kebumen dan Jalan Ahmad Yani Kebumen.

Kapolres Kebumen AKBP Titi Hastuti, memimpin langsung jalannya razia.

Saat memimpin razia di Jalan Ahmad Yani Kebumen yang digelar pada pukul 14.00wib hingga pukul 15.00 Wib, AKBP Titi tidak hanya memantau personelnya melakukan pengecekan.

Namun, dirinya yang saat itu didampingi Kabag Ops Polres Kebumen Kompol Suyatno, Kasat Lantas AKP Suryo Wibowo, Kasat Sabhara AKP Krida Risanto, Kasat Intel AKP Cipto Rahayu turun langsung memeriksa para pengguna jalan.

“Dari hasil pengecekan, ternyata banyak ditemui pelanggaran. Rata rata tidak bisa menunjukkan kelengkapan berkendara secara lengkap. Baik surat surat, maupun kelengkapan kendaraan. Untuk yang sudah lengkap, kami ucapkan terimakasih,” ucap AKBP Titi.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, dalam sehari, di dua lokasi tersebut, total ada 153 penindakan pelanggaran.

Dalam penindakan tersebut ternyata ada beberapa pelajar yang belum cukup umur, namun sudah mengendarai sepeda motor.

“Ada beberapa pelajar saat kami cek kelengkapan berkendara nya tidak lengkap. Bahkan ada juga yang belum cukup umur. Itu kan bahaya. Bahaya untuk dirinya maupun orang lain,” katanya.

Dari temuan tersebut, Kapolres menghimbau kepada para pelajar, jika memang belum memiliki SIM jangan mengendarai kendaraan bermotor.

“Jangan lah. Kan bisa naik sepeda, ataupun diantar pada saat pergi sekolah. Kalo tidak, ngangkot kan bisa. Sebetulnya, banyak cara agar para pelajar ini bisa sampai ke sekolahnya,” himbau AKBP Titi.

Pada saat dimintai keterangan tentang pelaksanaan razia, AKBP Titi mengatakan jika razia ini digelar bukan hanya di kota saja. Namun, diseluruh wilayah Kabupaten Kebumen.

“Razia ini tidak hanya di dalam kota saja. Namun di seluruh wilayah. Termasuk Polsek kita libatkan. Jadi kami meminta, para pengguna jalan saat akan bepergian untuk selalu mengecek kelengkapan.”

“Tujuannya, jika kita sudah tertib dari diri sendiri. Maka, kita akan tertib saat berkendara. Sehingga keadaan tersebut dapat menekan angka kecelakaan lalulintas,” tutup AKBP Titi.

(Humas/Polres Kebumen)

Berita Terkait