Binmas

Polsek Gembong Pati Mediasi Problem Soving Warga Desa Klakahkasihan

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Pati Polda Jateng – Kanit Binmas Polsek Gembong Resor Pati Aiptu Sunoto bersama bhabinkamtibmas Desa Klakahkasihan Brigadir Tri melaksanakan problem solving antara warga masyarakat Desa Klakahkasian Gembong dengan Pemerintah Desa. Rabu (01/10/2017).

Kapolres Pati AKBP Maulana Hamdan melalui Kapolsek Gembong AKP Giyanto mengatakan bahwa pokok permasalahannya adalah bahwa Pemerintah Desa Klakahkasihan memiliki program membangun makam leluhur Desa Klakahkasian ” mbok Rondo Kasian ” dilokasi pertanahan Bondodeso.

“Adapun biaya bangunan dihimpun dari swadaya masyarakat dan kas Desa, kurang lebih Rp. 130 jt, akan tetapi bangunan ini ditolak oleh warga masyarakat bersama tokoh ulama setempat, dengan alasan bahwa membangun makam tersebut merupakan perbuatan syirik, oleh karena yang disebut ” mbok Rondo Kasian ” merupakan cerita fiksi di desa setempat yang tidak ada buktinya,” Ungkapnya.

Aiptu Sunoto bersama Bhabinkamtibmas menyelesaikan permasalahan dengan bersama-sama dengan pemerintah desa bersilaturahmi di kediaman tokoh  agama / ulama setempat.

AKP Giyanto menuturkan tujuan silaturahmi agar tokoh masyarakat (pemerintah desa) dan tokoh masyarakat (ulama, Tomas dan toda), dapat peran serta menjaga kerukunan, ketertiban, keamanan desa klakahkasihan.

Jika ada perbedaan pendapat diantara pemerintah desa dengan warga, agar mengedepankan musyawarah untuk mufakat dan masing masing pihak dapat menahan diri agar tidak menimbulkan gejolak di kalangan masyarakat,” Lanjutnya.

Problem solving ini bisa diterima masing – masing pihak yang akan dilanjutkan dengan musyawarah Desa yg akan difasilitasi Pemerintah Desa Klakahkasihan.

(Humas Polres Pati)

Berita Terkait