Mitra Polisi

Kapolres Magelang Menghadiri Hari Santri di Lapangan Drh.Soepardi Kota Mungkid

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Magelang –  Ribuan Santri, IPNU, IPPNU, Fatayat dan Siswa siswi SD/MI dan SMP/MTS yang berada di bawah naungan NU  dan Muslimat  Minggu siang, (22/10) telah memadati Lapangan Drh.Soepradi Kota Mungkid, guna mengkitui Apel Besar dalam rangka Hari Santri dan Resolusi  Jihad Nahdhatul Ulama ( NU) tahun 2017.

Thema dalam peringatan ini adalah “Meneguhkan Peran Santri Dalam Bela Negara Menjaga Pancasila dan NKRI”

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut  Bupati Magelang Zaenal Arifin, S.IP,  Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo, SIK, SH,  Wakil Bupati Magelang  H. Zaenal Arifin, SH,  Kabag Kesra Kab. Magelang drs. Jawawi,  Wakil Ketua DPRD Kab. Magelang Drs. Soeharno,  Plt Sekda kab. Magelang Drs Eko Triyono,  Kabag Humas Kab. Magelang Purwanto,  Pabungdim Mayor Inf JOKO P, Kapolsek Mungkid AKP Supriyono,  Dr. Maksum  M.Ag ketua PCNU Kabupaten Magelang,  Jajaran Pengurus MWC NU Kab. Magelang, Ketua GP Ansor Kab. Magelang Anas Munaji, ketua  Banser Kab. Magelang,  Para Pengasuh santri se-kab. Magelang.

Bertindak selaku Pembina Apel KH.Dr.Mahsun Ketua Pengurus Cabang Nadhatul Ulama Kabupaten Magelang, dalam sambutanya telah menyampaikan bahwa hari ini tahun ketiga Keluarga Besar Nahdlatul Ulama dan seluruh rakyat Indonesia memperingati Hari Santri, Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri tanggal 22 Oktober 2015 yang bertepatan dengan tanggal 9 Muhamam 1437 Hijriyah merupakan bukti pengakuan negara atas jasa para ulama dan santri dalam perjuangan merebut, mengawal, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan.

Momentum Hari santri hari ini ditransformasikan menjadi gerakan penguatan paham kebangsaan yang bersintesis dengan keagamaan. Spirit nasionalisme bagian dari iman’ perlu terus digelorakan di tengah arus ideologi fundamentalisme agama yang mempertentangkan Islam dan nasionalisme, Islam dan ajarannya tidak bisa dilaksanakan tanpa tanah air.

Selesai Apel dilanjutkan dengan antraksi dan penampilan Bela diri Pagar Nusa dan Drumband dari Santri dan Pelajar.

Sedangkan Bupati Magelang Zaenal Arifin,SIP dan Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo, SIK, SH sehabis apel  melaksanakan ramah tamah dengan beberapa Ulama dan Kayi bertempat di Rumah Dinas Bupati Magelang.

Selama erhelatan telah mendapatkan pengamanan dari Dua Pleton Dalmas, Satuan Lalulintas Polres Magelang  dan Personil Polsek Mungkid di Bawah Kendali Kabag Ops Polres Magelang Kompol Ngadiso.

Penulis : Wahyu

Berita Terkait