BinkamLantasMitra Polisi

Polres Purbalingga Sambut Kunjungan Siswa Taman Kanak-kanak Dengan Badut

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Purbalingga – Polres Pubalingga Polda Jateng mendapat kunjungan dari siswa dan siswa Taman Kanak-kanak (TK) Bustanul Athfal Aisyiyah, Kelurahan Bancar, Purbalingga, Selasa (26/9/2017).

Kedatangan siswa dan guru tersebut disambut sejumlah Polwan dan badut berwujud Mickey Mouse menggunakan rompi polisi. Dengan ramah satu persatu siswa diajak bersalaman dan berkenalan.

Selanjutnya para siswa diajak berkeliling untuk melihat ruangan-ruangan yang ada di Polres Purbalingga. Dijelaskan pula tugas-tugas yang dilaksanakan anggota Polisi di masing-masing ruangan.

Tidak hanya berkeliling, para siswa ini juga diberikan pengetahuan tentang rambu lalu lintas, penggunaan helm bagi keselamatan dan penampilan wayang lalu lintas yang menarik.

Para siswa juga dijelaskan peralatan yang biasa digunakan polisi seperti perlengkapan pengendali massa mulai dari baju hingga tongkat dan tameng. Bahkan perwakilan siswa diperkenankan mencoba baju tersebut. Selain itu, ditunjukkan kendaran dinas polisi mulai dari sepeda, sepeda motor dan mobil patroli.

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Purbalingga Ipda Sumardi menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah kunjungan yang dilakukan TK Aisiyah Bancar untuk mengenal tugas kepolisian. Dimana para siswa datang secara untuk bisa melihat, mengamati dan bertanya secara langsung dengan narasumber.

“Dalam pelaksanaannya, kita kenalkan masing-masing fungsi yang ada di kepolisian. Dikenalkan juga peralatan dan kendaraan yang digunakan polisi untuk menambah pengetahuan siswa,” jelas Sumardi.

Kita juga menjelaskan tentang peraturan lalu lintas dengan harapan mereka bisa tahu dan menaati peraturan lalu lintas yang berlaku. Selain itu dengan penyampaian yang humanis dan dekat dengan para siswa diharapkan mereka tidak takut terhadap polisi.

Sementara itu Kepala TK Bustanul Athfal Aisyiyah Bancar, Fahmah Susanti mengatakan kegiatan kunjungan ke kantor polisi merupakan program pembelajaran yang ada di sekolahnya. Dimana anak didiknya mempelajari secara langsung dari bukti fisik seperti tema tentang pekerjaan kita kenalkan dengan profesi polisi.

Dengan pendekatan langsung diharapkan mereka mengetahui apa tugas polisi. Mereka bisa mengenal polisi secara langsung, sehingga dapat menghilangkan perasaan takut terhadap polisi.

“Dengan apa yang sudah didapat hari ini semoga bermanfaat dan sesuai dengan harapan dari program pembelajaran terkait mengenal jenis pekerjaan salah satunya polisi,” pungkasnya.

( Humas Polres Purbalingga Polda Jateng )

Berita Terkait