BinkamMitra Polisi

Seluruh Kapolsek Jajaran Polres Blora Hadiri Upacara Hari Pramuka ke-56

tribratanews.jateng.polri.go.id – Blora, Setiap tanggal 14 Agustus diperingati sebagai hari Pramuka Indonesia, seluruh anggota Pramuka dan komponen masyarakat yang berkepentingan melaksanakan upacara yang digelar dari tingkat pusat sampai pelosok tanah air.

Pada momen ini seluruh Kapolsek jajaran Polres Blora menghadiri kegiatan upacara Hari Pramuka ke-56 yang dilaksanakan hari ini Senin, 14 Agustus 2017 bertempat di lapangan masing-masing Kecamatan.

Bertindak sebagai Irup adalah Camat masing-masing Kecamatan dihadiri oleh segenap unsur Furkopimcam, Kepala Desa serta dinas dan instansi terkait dengan peserta upacara dari pramuka masing-masing SD, SMP dan SMA.

Upacara hari pramuka mengangkat tema “Dengan Semangat Gotong Royong untuk Membangun Indonesia Menuju Masa Depan yang Lebih Baik”. Amanat dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Dr. Adhyaksa Dault, SH., M.Si., yang dibacakan para Inspektur Upacara pada kesempatan itu.

Irup juga mengucapkan syukur dan rasa terimakasih kepada para panitia upacara karena bisa melaksanakan upacara dalam rangka Hari Jadi Pramuka Ke 56 Tahun 2017 dengan hikmat.

“Atas nama jajaran Majelis Pembina Ranting, kami mengucapkan terimakasih dan penghargaan  yang tinggi kepada segenap panitia dan pengurus kwarran gerakan pramuka yang telah melaksanakan kegiatan ini,” kata Camat.

Gerakan pramuka telah dicanangkan 56 tahun yang lalu dan sampai saat ini masih eksis keberadaannya. Kita sebagai generasi penerus tentunya malu bila tidak dapat meneruskan dan mengembangkan dalam upaya membentuk karakter manusia Indonesia yang berjiwa Pancasila dan mempunyai kepribadian luhur yang menjadi harapan masyarakat untuk mengembangkan negara.

Lebih lanjut dikatakan Irup, gerakan pramuka merupakan kegiatan yang sangat positif untuk membentuk karakter jiwa semangat juang generasi muda. Gerakan ini juga telah diakui dunia bahwa gerakan pramuka merupakan sesuatu yang sangat berharga untuk meningkatkan sumber daya manusia khususnya generasi muda, yang tangguh, kreatif, profesional dan inovatif.

Kegiatan upacara ini sebagai salah satu upaya terus menjalin sinergitas antara Polisi dengan pemerintah daerah dan sekolah maupun juga para pelajar. Selain itu juga sebagai upaya untuk terus memberikan pembelajaran terkait berbagai hal yang dapat merusak keutuhan negeri ini.

Saat berlangsung upacara terdengar jelas amanat oleh inspektur upacara yaitu peringatan Hari Pramuka dan gerakan pramuka ini motivasi semangat dan pembentukan karakter kaum muda sebagai generasi penerus bangsa. Marilah untuk bersama perangi narkoba, radikalisme, terorisme, kekerasan perempuan dan anak serta kejahatan-kejahatan lainnya.

Selain itu, pada sela-sela kesempatan Kapolsek juga memberikan pengarahan terkait masalah Intoleransi para siswa diharapkan memegang teguh prinsip toleransi dengan saling hormat menghormati.

Serta waspadai berita bohong (hoax) yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan, gunakan medsos secara bijak dan yang paling parah masalah kekerasan terhadap anak dan perempuan jangan sampai kita menjadi pelaku maupun korban. Kemudian disampaikan pula masalah ketertiban lalu lintas, taati dan patuhi aturan berlalu lintas untuk menekan angka laka lantas serta miras dan jangan sampai siswa menjadi pelaku penyalahgunaan miras dan Narkoba.

Selama kegiatan berlangsung dilaksanakan juga pengamanan oleh personil Polsek jajaran Polres Blora, agar pelaksanaan upacara peringatan hari Pramuka dapat berjalan lancar, aman dan kondusif.

Berita Terkait