Binkam

Tempat Penyulingan Minyak di Grobogan, Terbakar

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Grobogan – Peristiwa kebakaran menimpa sebuah tempat usaha penyulingan minyak serai di Dusun Kedungmulyo, Desa Sindurejo, Kecamatan Toroh, Grobogan, Jumat (11/8/2017) malam. Beruntung, kebakaran yang terjadi menjelang Isyak itu barhasil dipadamkan sebelum melalap bangunan utama.

Informasi yang didapat menyebutkan, kebakaran itu diketahui dari tempat pembuangan limbah di bagian belakang tempat usaha penyulingan minyak. Saat melihat kobaran api, beberapa warga langsung berupaya melakukan pemadaman dan menghubungi kantor damkar Grobogan.

Lantaran limbah bekas penyulingan kondisinya sudah kering, api cepat membesar. Namun, berkat kesigapan warga serta petugas damkar, kobaran api akhirnya berhasil dipadamkan.

Akibat kebakaran ini, beberapa perabot dari bambu hangus dilalap api. Kerugian akibat peristiwa ini diperkirakan mencapai Rp 5 juta.

Tempat penyulingan itu statusnya milik sebuah Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) mitra Perhutani KPH Gundih. Selain menyuling serai, tempat usaha itu juga seringkali memproduksi minyak nilam dan kayu putih.

Kapolsek Toroh AKP Sudarwati menyatakan, penyebab kebakaran diduga dari percikan api di tungku penyulingan yang mengenai limbah serai dan nilam. Sebelum kejadian, memang ada aktifitas penyulingan minyak serai dan nilam yang dilakukan beberapa pekerja.

Berita Terkait