Lantas

Kegiatan Ramadhan, Satlantas Polres Purbalingga Gelar Polisi Sahabat Santri

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Purbalingga – Dalam rangka bulan ramadhan, Satuan Lalu Lintas Polres menggelar kegiatan Polisi Sahabat Santri di sejumlah sekolah yang ada di Purbalingga. Dalam Polisi Sahabat Santri, anggota Satlantas menyasar kegiatan pesantren kilat yang diadakan sekolah untuk memberikan pembinaan kepada siswa.

Seperti pelaksanaan kali ini, Polisi Sahabat Santri mengunjungi MIM Kalikabong, Kecamatan Kalimanah, Purbalingga, Selasa (13/6/2017). Dalam kegiatan yang diikuti sekitar 200 siswa ini personel dari Satlantas Brigadir Teguh Riyanto memberikan materi keagamaan.

Materi agama yang disampaikan antara lain terkait ibadah puasa ramadhan dan shalat wajib maupun sunah. Dengan media wayang lalu lintas, Bripka Teguh menjelaskan materi keagamaan yang disisipi tentang tertib berlalu lintas sejak dini. Dijelaskan cara menyeberang yang baik dan benar, pengenalan rambu dan penggunaan helm demi keselamatan.

Dengan media wayang lalu lintas, para siswa tersebut tampak antusias melihat dan mendengarkan apa yang disampaikan Bripka Teguh. Sesekali senyum dan tawa muncul dari mulut anak-anak saat  hal yang disampaikan disisipi dengan humor dan cerita lucu.

Kasat Lantas Polres Pubalingga AKP Sukarwan mengatakan, kegiatan Polisi Sahabat Santri merupakan terobosan yang dilakukan untuk memberikan pemahaman tentang tertib berlalu lintas yang dikemas dengan materi agama. Dimana personel dari Satlantas mengisi materi saat kegiatan pesantren ramadhan yang diselenggarakan sekolah.

“Dalam pelaksanaannya digunakan media wayang lalu lintas agar anak-anak lebih tertarik dan pesan tentang tertib berlalu lintas dapat lebih mudah diterima. Harapannya akan tertanam pengetahuan tentang tertib lalu lintas demi keselamatan sejak dini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala MIM Kalikabong, Slamet Widodo, S.Pd.I., M.M.Pd. mengungkapkan bahwa adanya Polisi Sahabat Santri mampu memberikan pengetahuan agama sekaligus materi keamanan dan tertib berlalunlintas kepada anak didiknya. Semoga apa yang telah disampaikan mampu dilaksanakan dengan baik oleh siswa sehingga turut menjadi pelopor tertib dan keselamatan dalam berkendara.

( Humas Polres Pubalingga )

Berita Terkait