BinkamLantas

13 Lintasan Kereta tanpa Palang Pintu Diberi Pita Kejut

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Pekalongan – Antisipasi kecelakaan saat mudik, Polres Pekalongan membuat pita kejut di jalur menjelang perlintasan kereta api (KA) tanpa palang pintu. Sebanyak 13 perlintasan tanpa palang pintu di sepanjang rel KA dari wilayah Wiradesa hingga sragi diberi pita kejut.

Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si mengatakan pita kejut yang dipasang berupa  tali tambang. Pita itu dipasang melintang di kedua ruas jalan menuju perlintasan tanpa palang pintu. “Pita kejut kami pasang 15 meter dari perlintasan,” jelas Kapolres Pekalongan. Senin (12/6/2017)

Selain memasang pita kejut, Polres juga rencananya akan memasang spanduk peringatan menjelang pintu perlintasan tanpa palang pintu, kami targetkan pada H-7 Lebaran sudah terpasangi semua,” katanya.

Ditempat terpisah, Kasat Lantas Polres Pekalongan AKP Muhammad Alan Haikel, S.I.K menyampaikan bahwa pihaknya mengusahakan tambang kejut di sebagian jalur supaya meminimalkan terjadinya kecelakaan jalan raya di perlintasan kereta api tidak berpalang pengaman.

” Yang belum ada palang pintu pengaman kami gunakan pita kejut. Pita ini terbuat dari tali tambang besar yang dipasang melintang jalan fungsinya untuk kurangi laju kendaraan waktu bakal melintas di perlintasan rel kereta api, ” kata Kasat Lantas. (Yuli-Er$hi)

Berita Terkait