Pembinaan Personel

Polres Purbalingga Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Purbalingga – Polres Purbalingga menggelar upacara dalam rangka peringatan hari lahir Pancasila di halaman mapolres, Kamis (1/6/2017). Peserta upacara adalah para kabag, kasat, kapolsek, perwira staf dan anggota polres maupun perwakilan dari polsek serta Aparatur Sipil Negara (ASN).
Bertindak selaku inspektur upacara Wakapolres Purbalingga Kompol Sigit Martanto, S.H. sedangkan komandan upacara dijabat oleh Iptu Damar Iskandar. Dibacakan juga Teks Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 dan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 24 tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.
Dalam kesempatan ini, Wakapolres Purbalingga membacakan Amanat Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo yang menyampaikan bahwa upacara ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Pancasila merupakan hasil dari kesatuan proses yang dimulai dari rumusan yang dipidatokan Ir. Sukarno pada tanggal 1 Juni 1945, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Adalah jiwa besar para founding father, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.
Namun kehidupan berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami tantangan. Kebhinekaan kita sedang diuji dengan berbagai persoalan. Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara.
Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah tersebut. Pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan.
Tidak ada pilihan lain kecuali harus bahu membahu menggapai cita-cita bangsa sesuai dengan Pancasila. Jaga perdamaian, jaga persatuan dan jaga persaudaraan di antara kita demi kemajuan Indonesia.
“Selamat hari lahir Pancasila. Kita Indonesia Kita Pancasila. Semua Anda Indonesia, Semua Anda Pancasila. Saya Indonesia, Saya Pancasila,” pungkasnya.

Berita Terkait