Pembinaan Personel

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Polres Blora Selenggarakan Upacara

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Blora – Kepolisian Resor Blora, Polda Jateng memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-109 tahun 2017 dengan menggelar upacara yang dipimpin oleh Kapolres Blora AKBP Surisman S.I.K, M.H, Senin 22 Mei 2017.

Kapolres Blora dalam sambutan membacakan  amanat Kementrian Komunikasi dan Informatika RI mengatakan, salah satu inspirasi yang bisa kita serap dari berdirinya Boedi Utomo sebagai sebuah organisasi modern pada tahun 1908 adalah munculnya Sumber Daya Manusia Indonesia yang terdidik, memiliki jiwa nasionalisme kebangsaan dan memiliki cita-cita mulia untuk melepaskan diri dari penjajahan dan dengan tampilnya Sumber Daya Manusia yang unggul inilah semangat kebangsaan nasional dimulai.

“Melalui perjuangan yang tak kenal lelah akhirnya kita dapat memproklamirkan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 dan mulai sejak kemerdekaan, kita bangsa Indonesia telah berjanji dan berketepatan hati bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini adalah harga mati yang tidak dapat ditawar-tawar lagi dalam kondisi dan keadaan apapun serta NKRI adalah negara demokrasi berlandaskan ideologi Pancasila, yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan adat istiadat yang hidup di tengah masyarakat dan untuk wilayah NKRI terbentang luas dari Sabang hingg Merauke,” jelas Kapolres.

Kapolres AKBP Surisman juga menyampaikan bahwa peringatan hari kebangkitan nasional ini diharap dapat mempererat tali persatuan dan kesatuan bangsa serta menghindari terjadi perpecahan di NKRI tercinta.

“Sejak kemerdekaan telah diproklamasikan bahwa kita bangsa indonesia berjanji dan berketetapan hati NKRI adalah harga mati dan tidak dapat ditawar-tawar dalam kondisi atau keadaan apapun,” kata Kapolres.

Upacara berlangsung di halaman Markas Polres Blora ini, dinyatakan juga proklamasi kemerdekaan diraih dengan perjuangan tanpa kenal lelah dan semangat kebangsaan oleh pejuang dan pahlawan terdahulu.

Tantangan-tantangan baru yang muncul di depan kita tersebut memiliki dua dimensi terpenting, yaitu kecepatan dan cakupan serta kita pun tidak ingin kelengahan dalam menjaga NKRI akibat terlambat mengantisipasi kecepatan dan meluasnya anasir-anasir ancaman dari luar maupun dalam karena tak tahu bagaimana mengambil bersikap dalam konteks dunia yang sedang berubah ini.

“Oleh sebab itu saya memandang penting tema “Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata, Mandiri dan Berkarakter” yang diangkat untuk peringatan hari Kebangkitan Nasional tahun 2017 ini dengan memfokuskan diri pada kerja nyata secara mandiri dan berkarakter,” ucap AKBP Surisman.

Kapolres menambahkan bagi generasi penerus bangsa jangan sia-siakan perjuangan pahlawan terdahulu. bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawannya. “Dimulai dari perjuangan para pahlawan terdahulu dengan mengorbankan jiwa raga dan harta benda demi suatu tujuan mulia yakni bersatu dan merdeka. Maka dari itu kita sebagai penerus bangsa harus mampu menjaganya dengan baik dan mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif,” sebutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Blora AKBP Surisman, S.I.K, M.H memberikan Reward / Penghargaan kepada personel anggota Polri Polres Blora yang memiliki prestasi atas kemampuan baik di bidang operasional maupun pembinaan serta mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Pelaksanaan upacara peringatan Harkitnas 2017 ini diikuti Para Kabag, Kasat, Kapolsek, Perwira Staf, serta Personil Polres Blora, Satuan Sabhara, Satuan Lalu Lintas, personel gabungan Satuan Narkoba, Reskrim dan Intelkam, serta Bhabinkamtibmas Polsek jajaran Polres Blora dan pegawai negeri sipil.

Berita Terkait