Pembinaan Personel

Inilah Wujud Syukur Polres Kudus Jelang HUT Bhayangkara Ke 71

Tribratanews.jateng.polri.go.id Kudus – Dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara Ke-71 yang jatuh pada 1 Juli 2017 mendatang, Kepolisian Resor Kudus pagi ini Kamis (18/5) melaksanakan kegiatan sosial berupa Donor darah dan Pap smear. Kegiatan yang berlangsung di dua tempat tersebut yaitu Ruang pertemuan Bhayangkari dan Aula Polres Kudus diikuti oleh Personil Polres dan Polsek jajaran, Bhayangkari serta PNS.

Kegiatan sosial ini diselenggarakan sebagai implementasi rasa gotongroyong untuk turut mensukseskan pembangunan nasional dan sebagai wujud syukur atas peringatan HUT Bhayangkara serta dalam rangka melatih diri berempati dengan merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Manusia sebagai mahluk sosial memiliki naluri untuk saling tolong menolong, rasa toleransi, simpati, dan juga empati terhadap sesamanya.

Dengan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), BPJS Kesehatan, Sarana Medika dan Bank BRI, para anggota dan bhayangkari yang akan mendonorkan darahnya secara bergiliran dilakukan pengecekan tekanan darah dan HB darah setelah diketahui tidak ada masalah dengan tekanan darah dan HB, kemudian langsung ke tempat Fil Bet dan dilakukan proses pengambilan darah, sedangkan personil Polwan dan Bhayangkari yang melaksanakan Pap smear langsung memasuki ruang pertemuan Bhayangkari untuk dilaksanakan pemeriksaan.

“Alhamdulillah saya bisa mendonorkan darah pada kegiatan ini, semoga darah yang telah saya sumbangkan ini bermanfaat bagi yang membutuhkan,” tutur Iptu Yayuk yang telah mendonorkan darahnya.
Banyak manfaat yang akan didapatkan bagi tubuh pendonor. Mulai dari membantu sirkulasi darah, Mengurangi risiko penyakit jantung, Mengurangi risiko kanker dan Membakar kalori sedangkan Pap smear dapat memeriksa keadaan sel-sel pada serviks (leher rahim) dan vagina. Dengan pemeriksaan rutin, perubahan sel-sel yang mungkin bisa berkembang menjadi kanker atau sudah menjadi kanker bisa terdeteksi.

PaurKes Polres Kudus Iptu Benny Rusmanta, AMK menjelaskan dengan mendonorkan darah maka dapat menyelamatkan jiwa seseorang. Sehingga itu harus menjadi bagian aksi dari setiap seseorang untuk peduli terhadap sesama. “Setetes darah menyelamatkan orang lain. Sehingga sangat penting kita mendonorkan darah sebagai bentuk kepedulian kita terhadap sesama, sedangkan manfaat Pap smear sendiri dapat mengetahui secara dini apakah didalam alat kelamin perempuan itu ada penyakit kanker rahim,” ujarnya.

Ditambahkan Iptu Benny, atas terselenggaranya kegiatan Donor Darah dan Pap smear dalam rangka HUT Bhayangkara ke 71 ini pihakya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pesonel Polres Kudus yang telah ikut berpartisipasi dan pihak-pihak yang telah mendukung kegiatan ini. “Sekantong darah anda dapat menyelamatkan nyawa seseorang,” pungkasnya.

Berita Terkait