Binmas

Merti Desa, Bhabinkamtibmas Bantu Warga Bersihkan Makam

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Temanggung – Bhabinkamtibmas Desa Tanjungsari Bejen Temanggung Brigadir Dedy Irawan menghadiri dan mengikuti prosesi ritual tradisi Merti Deso atau Bersih Desa atau Nyadran yang dipusatkan di area makam desa setempat.

Kapolsek Bejen Polres Temanggung AKP Taryanto mengatakan, Merti Deso atau yang lebih dikenal dengan Nyadran adalah tradisi budaya lokal turun temurun yang dilakukan oleh warga masyarakat Desa Tanjungsari setiap tahunnya dan biasanya dilakukan menjelang bulan Ramadhan.

“Nyadran rurin dilakukan oleh warga masyarakat di Kabupaten Temanggung dengan tujuan untuk menyongsong datangnya bulan suci Ramadhan,” terangnya pada Selasa (9/5) sore.

Merti Deso atau Nyadran kali ini di pusatkan di Makam Mbah Gerobak, seorang sesepuh yang sangat dihormati semasa hidupnya karena dianggap sangat berjasa atas terbentuk dan berdirinya Desa Tanjungsari yang kala itu masih berupa hutan belantara.

Bhabinkamtibmas Polsek Bejen Polres Temanggung Brigadir Dedy Irawan bersama warga desa berbondong bondong mendatangi Makam Mbah Gerobak dengan membawa peralatan kebersihan, sementara sebagian yang lain membawa makanan dan nasi tumpeng untuk dimakan bersama sama.

“Kegiatan Nyadran diisi dengan membersihkan makam kemudian dilanjutkan menjalankan ritual keagamaan berupa Yasinan dan Tahlil,” terang Deddy.

Puncak acara Merti Deso atau Nyadran di Desa Tanjungsari akan digelar pertunjukan Wayang Kulit semalam suntuk pada malam harinya di lapangan desa setempat, sebagai hiburan bagi warga sekaligus sebagai uangkapan rasa syukur kepada Tuhan atas berkah dan keselamatan.

(Humas Polres Temanggung).

Berita Terkait