BinkamMitra Polisi

Plt. Bupati Batang Melaunching Lelang Tunai Tanpa KPLI

Tribratanewspolda.com, Batang – Plt. Bupati Batang melaunching lelang tunai tanpa Kekurangan  Pembayaran Lelang Ikan ( KPLI ) berlangsung di TPI Klidang Wetan Batang, sabtu (8/4/17).

Plt. Bupati Batang Nasikhin dalam kesempatan tersebut mengatakan,”selama ini KPLI menjadi permasalahan, sehingga nelayan enggan melelang ikan di TPI Klidang Wetan sehingga pendapatan daerahpun dan pendapatan nelayan menurun,” kata Nasikhin.

Nasikhin berharap dengan pembayaran langsung tunai atau bebas dari  KPLI nantinya lancar dalam pembayaran lelang ikan, sehingga semua nelayan bisa lelang di TPI yang tentu saja dapat meningkatkan produktifitas nelayan bagi daerah dan HNSI dan semakin meningkat pula kesejahteraan  pedagang dan nelayan.

“Dengan pembayaran tunai Nelayan tidak berfikir lagi hutang dan pedagang akan konsentrasi dalam berdagang sehingga semuanya akan diuntungkan,” jelasnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Achmad Thofik menjelaskan, selama ini masyarakat nelayan sangat diresahkan oleh KPLI karena ada kekurangan dalam pembayaran lelang sehingga harus ada  penertiban dengan menggunakan sistem yang mengaturnya agar semua dapat diuntungkan.

“Sistem yang diberlakukan di TPI Klidang Wetan bertujuan untuk memberi kepastian pada nelayan tentang pembayaran ikan yang mereka lelang dengan pembayaran ikan harus tunai agar kesejahteraan masyarakat nelayan,” jelas Achmad  Thofik

Dalam kesempatan tersebut Plt. Nasikhin di dampingi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan  menyerahkan Asuransi Kepada Keluarga Subhekti nelayan yang meninggal dunia di laut, pemberian asuransi tersebut sebesar Rp.160 juta dari PT Jasindo.

Nampak sejumlah personel satpolair dan Polsek Batang mengamankan jalanya kegiatan itu.

Berita Terkait