BinmasMitra Polisi

Bripka Budi Dijuluki Bapak Siskampling Di Desa Binaannya

Tribratanewspoldajateng.com Kudus – Dalam rangka menjaga keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) adalah merupakan tugas TNI (Tentara Nasional Indonesia), sedangkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban bangsa dan negara secara umum dilakukan oleh POLRI (Kepolisian Republik Indonesia), akan tetapi di lingkungan masyarakat kecil dalam tingkatan RT / RW. Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) merupakan salah satu usaha dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat setempat.

Untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjaga Keamanan dan ketertiban, Polsek Jati melalui Bhabinkamtibmas jatikulon Bripka Budi yuwono, S.H. bersama Bhabinsa jatikulon serda Slamet melaksanakan giat Penyuluhan Kamtibmas pada hari Jumat ( 7/4 ) bertempat di Balaidesa Jati kulon kec. Jati dengan mengambil materi tentang pentingnya Siskamling ( Sistem Keamanan Lingkungan )  di samping itu pula juga di sisipi pengetahuan Peraturan lalulintas, Berita Hoax dan penertiban kos kosan serta radikalisme yang juga dihadiri oleh unsur korkopindes desa jati kulon.

Siskamling juga merupakan salah satu model Polmas (Polisi Masyarakat) dalam memberikan risribusi komunikasi serta informasi secara external (dari dan bagi masyarakat) dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat di setiap waktu dan merupakan potensi pengamanan swakarsa yang berazaskan gotong royong, kerjasama, budaya paguyuban yang menjiwai dalam setiap kehidupan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan rasa aman.

Karena kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi bidang keamanan dan ketertiban perlu dilestarikan dan ditingkatkan guna menumbuh kembangkan sikap mental, kepekaan dan daya tanggap setiap warga masyarakat dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban disetiap dilingkungannya masing-masing.

Oleh karena itu, hendaknya kita sebagai masyarakat sekaligus sebagai warga negara Indonesia yang baik untuk berpartisipasi aktif dalam upaya bela negara, salah satunya dengan berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan kenyamanan di sekitar tempat tinggal kita dengan ronda / Siskamling.

Penyuluahan Kamtibmas ini disambut baik oleh warga selain dapat menambah wawasan juga sebagai bentuk silatuhrahmi antara Polisi dengan Masyarakat, dan diharapkan kedepan kegiatan seperti ini dapat ditingkatkan sehingga terjadi koordinasi yang baik antara Lurah, Bhabinkamtibmas dan Masyarakat dalam bidang kamtibmas.

Bripka Budi yuwono, S.H berpesan kepada seluruh warga  yang hadir di acara tersebut untuk ikut menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada masyarakat disekitar tempat tinggal mereka. Jangan ragu-ragu untuk melapor ke Polisi terdekat jika melihat atau mengetahui tindak kejahatan. (DD Humas Kudus)

Berita Terkait