BinkamLantas

Komitmen SatLantas Polres Blora, Gencarkan Kampanye Camot Di Kalangan Pelajar

tribratanews.jateng.polri.go.id/ – BLORA, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Blora mulai kembali gencar mengingatkan pengendara sepeda motor pelajar di bawah umur. Kegiatan tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti kebijakan pimpinan Kakorlantas bahwa melarang pelajar di bawah 17 tahun mengendarai kendaraan bermotor ke sekolah.

Kasatlantas Polres Blora AKP Febriyani Aer, S.I.K mengatakan larangan pelajar membawa sepeda motor di sekolah sudah lama diterapkan di Kota Blora. Namun, larangan itu belum efektif sehingga perlu dilakukan teguran bahkan penindakan yang tegas apabila mendapati pelajar yang berkendara tidak taat peraturan.

“Kami mulai menindaklajuti kebijakan itu dengan mengacu pada UU No. 22/2009 tentang LLAJ [Lalu Lintas dan Angkutan Jalan],” ujar AKP febriyani Aer, S.I.K saat ditemui @polresblora.com di ruang kerjanya, Rabu (05/04/2017).

“Kami tegaskan bahwa pelajar tingkat SMP tidak boleh mengendarai motor seorang diri,” kata Kasatlantas Polres Blora AKP Febriyani.

Selain itu, pihaknya juga meminta agar masyarakat terutama para orang tua agar selalu mengedepankan tertib lalu lintas demi keselamatan di jalan raya. “Cegah mereka (pelajar SMP) agar tidak melanggar,” tegasnya.

Satlantas sebagai pemegang wewenang penindakan pelanggaran di lapangan akan gencar melakukan peneguran dan tindakan tegas apabila paea pelajar masih nekat melanggar.

“Kami sudah mulai gencar melakukan sosialisasi sejak akhir tahun 2016 lalu dengan mendatangi sekolag dari tingkat SD sampai SMA. Pertimbangan Satlantas Polres Blora menggelar sosialisasi di sekolah untuk memberikan kesadaran kepada siswa, agar tidak mengendari sepeda motor sebelum memiliki SIM” kata AKP Febriyani Aer.

Ia mengatakan kegiatan peneguran dan penindakan anggota Satlantas Polres Blora di jalan raya dengan sasaran pelajar sudah dilakukan, akan tetapi belum efektif memberikan efek jera kepada pelajar.

Himbauan itu juga disebarkan dalam bentuk tertulis. Yakni, Satlantas menyiapkan sejumlah baliho himbauan yang akan dipasang di berbagai sekolah dan jalan utama Kota Blora. “Dengan (baliho) ini, kita harapkan para pelajar bisa bersikap disiplin dan tertib lalu lintas,” jelasnya.

“Kami mempunyai misi dengan program cegah anak naik motor (CAMOT) seperti ini mampu menekan angka kejadian lakalantas yang melibatkan pelajar di Blora,” kata dia.

Pihaknya berharap peran serta masyarakat, khususnya para orang tua agar sama-sama menjaga ketertiban demi keselamatan putra-putri mereka. “Kami harapkan orang tua sadar akan pentingnya tertib berlalu lintas dengan tidak membiarkan anak mereka berkendara seorang diri,” harapnya.

“Mari selamatkan anak-anak kita dari bahaya di jalan raya, selalu prioritaskan keselamatan berlalu lintas. Baik bagi diri sendiri maupun pengendara lain,” sambungnya.

 
 

Berita Terkait