BinkamGiat Ops

Personel Gabungan Kawal Ketat Aksi Unra Lintas Organisasi Masyarakat Batang Menyatu

Tribratanewspoldajateng.com, Batang – Ratusan warga yang mengatas namakan Lintas Organisasi Masyarakat Batang Menyatu melakulan Aksi Damai menuntut Janji terkait Pembangunan PLTU 2 x 1.000 MW menyampaikan orasi di jalan Sultan Agung dan pintu masuk PLTU Batang  Selasa (4/4/17).

Koordinator Aksi Zainudin menuntut kepada PT. BPI ( Bimasena Power Indonesia) selaku konsorsium pembangunan untuk optimalisasi pemberdayaan tenaga kerja dan pengusaha lokal yang dikerjakan oleh masyarakat lokal, Tenaga kerja, Kontruksi, Pengadaan Material GOL C, Bidang lingkungan hidup, Katring, Pekerjaan bidang, kelautan (Drigging) Dan pekerjaan lainnya yang mampu dikerjakan masyarakat lokal.

“Pemberian bantuan CSR kepada desa penyanggah berupa kesehatan masyarakat, pendidikan SDM, Pembinaan UMKM,” tuntut Zainudin

Dalam tuntutan juga meminta kejelasan pelaksanaan pembangunan PLTU, termasuk perijinanya, fakta integritas antara Maincond dengan Sub. Count lokal “Semua tuntutan diatas dituangkan dalam nota kesepakatan bersama dengan saksi  saksi Bupati, Kapolres, dan Komandan Kodim,” pinta Zainudin dalam Aksi demonya.

Guna meredam aksi para pengunjuk rasa, Dandim 0736 Batang Letkol Inf. Fajar Ali Nugraha, S.Sos, bersama Waka Polres Batang Kompol Widodo Ponco Susanto, S.Sos, M.si.,  menemui para pengunjuk rasa.

Wakapolres Batang Kompol Ponco  mengatakan, di sini pihak Polri/Tni tidak memihak siapapun karena kami sebagai pihak keamanan berada ditengah tengah dalam menjaga keamanan.

“Tugas kami hanya mengawal dalam penyampaian aspirasi ini,” tegas Waka Polres.

Kami mengharapkan jangan memprovokasi untuk melakukan yang bukan kapasitas kami.

Dalam menyampaikan aspirasi ada batas waktunya sampai pukul 18.00 WIB.
“Oleh karena itu, saya berharap untuk mentaatinya,” tandas Kompol Ponco.

Dandim 0736 Batang Letkol Inf. Fajar Ali Nugraha mengatakan, sampai sejauh ini pelaksanaan penyampaian aspirasi masih berjalan aman dan kondusif untuk itu saya ucapkan terimakasih.

Lanjut Dandim menjelaskan kepada warga bahwa Dandim akan melakukan upaya terus untuk memediasi antara warga dan pihak PT BPI terkait janji-janji yang telah diberikan BPI.
Sebenarnya apa yang menjadi penyampaian  aspirasi ini sudah kami bahas dalam rapat Forkompinda agar bisa mewadahi apa yang menjadi tuntutan,” terang Dandim.

“Beberapa waktu lalu saya telah berdiskusi dengan Bupati Batang terpilih dan beliau menghimbau kepada masyarakat tetap mendukung pembangunan PLTU karena akan memberikan banyak manfaat kepada masyarakat Batang. Kedepan setelah tol trans jawa selesai dibangun maka pantura akan sepi. Hal itu tentu akan mempengaruhi perekonomian rakyat Batang dan PLTU dapat menjadi salah satu solusi dari permasalahan tersebut,” katanya.

Ketika pengunjuk rasa tiba di Kantor PT. BPI. Perwakilan PT. BPI Didik  menemui para pengunjuk rasa   mengatakan proyek PLTU di batang ini,  Saya berharap warga Batang ada yang mendapat pekerjaan di pembangunan PLTU.

“Akan kita pilah pilah mana yang bisa masuk untuk warga Batang dan  mana yang tidak,” jelasnya.

Hasil dari demo ini akan saya laporkan,  sudah saya rekam nanti dan hari ini juga saya kirim lewat email, sehingga yang diatas bisa mendengar langsung aspirasi saudara.
“Barangkali nanti akan dibentuk tim untuk menyelesaikan permasalahan ini semua.
Didik menambahkan, bahwa teman teman semua adalah pemberdayaan. Saya berharap warga sekitar bisa merasakan keuntungan proyek PLTU.

Menanggapi demo, Plt Bupati Batang Nasikhin mengatakan, bahwa PLTU secara AMDAL telah memenuhi syarat. Begitu juga mengenai pendidikan kepada masyarakat telah dilaksanakan.Pembayaran kompensasi telah dilaksanakan pengantian lahan juga telah dilakukan. Terkait aspek teknis pelaksanaan akomodir tenaga lokal yaitu 40 persen tenaga lapangan dari total 2500 pekerja juga telah dipenuhi oleh BPI. “ Permasalahan sekarang adalah mereka para rekanan yang belum diakomodir harus diajak komunikasi oleh BPI tentunya rekanan yang telah memenuhi syarat, Berkualitas dan melakukan pekerjaan sebaik mungkin,” terangnya.

Berita Terkait