Binmas

Kanit Binmas Polsek Kalimanah Kenalkan Rambu dan Ajarkan Baris Berbaris Siswa

Tribratanewspoldajateng.com, Purbalingga – Personel Polsek Kalimanah memberikan pelatihan dasar baris berbaris dan pengenalan rambu lalu lintas kepada siswa MI Ma’arif Desa Rabak Kecamatan Kalimanah, Jumat (24/3/2017).
Kegiatan dilakukan atas permintaan dari pihak sekolah yang meminta pembinaan terhadap siswanya. Oleh sebab itu dua personel yaitu Kanit Binmas Ipda Susmono dan Bhabinkamtibmas Aipda Ahmad Musyafirin, diturunkan untuk melakukan pembinaan.
Pelatihan yang dibagi menjadi dua sesi, yang pertama adalah materi dasar baris berbaris. Siswa diajarkan gerakan di tempat seperti hadap kanan, hadap kiri, sikap siap, sikap istirahat dan penghormatan. Para siswa tampak antusias mengikuti kegiatan.
Pelatihan yang kedua adalah pengenalan rambu dan tertib berlalu lintas. Para siswa dijelaskan tentang arti dari rambu yang sering mereka lihat dijalan. Diantara beberapa rambu yang dikenalkan yaitu tanda lokasi parkir, dilarang parkir, dilarang berhenti, dilarang memutar dan beberapa rambu lainnya.
Dijelaskan juga makna dari lampu lalu lintas, saat menyala merah, kuning maupun hijau. Para siswa sesekali diberikan pertanyaan terkait rambu tersebut. Setelah diberikan materi tersebut, sebagian besar siswa dapat menjelaskan arti dari masing-masing rambu.
Ipda Susmono salah satu pemberi materi mengatakan tujuan memberikan pembinaan tersebut antara lain agar siswa mampu mengetahui tentang rambu lalu lintas dan paham gerakan dasar baris berbaris. Dengan demikian mampu melatih disiplin dan kekompakan sejak dini.
Sementara itu, Kepala sekolah MI Ma’arif Rabak, M. Amirudin, S.Pd. mengatakan pelatihan dan pembinaan yang sudah diberikan polisi sangat bermanfaat bagi siswanya. Selain untuk kedisiplinan juga mampu untuk memberi pengetahuan tentang tertib berlalu lintas sejak dini.

Berita Terkait