Binmas

Polres Banyumas : Beri Pengetahuan Tugas Polisi Babinkamtibmas Sambangi TK

Tribratanewsbanyumas.com – Memperkenalkan Profil Bapak Polisi dan tugasnya kepada anak usia merupakan suatu kegiatan yang dimaksudkan untuk mendidik dan membina anak usia dini untuk lebih mengenal tentang tugas dan peran Polisi serta menanamkan pada diri anak untuk bisa menjadi Polisi bagi dirinya sendiri.

Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum melalui Kapolsek Somagede AKP Wahyono, S.H menyampaikan bahwa sebagai pengenalan dan penanaman Perpolisian ini akan menumbuhkan rasa kesadaran pada diri anak tersebut sehingga nantinya akan memberi contoh baik pada masyarakat yang kurang mengenal tentang Perpolisian Masyarakat.

Maka dari itu Babinktibmas Polsek Somagede, Polres Banyumas  Bripka Suyitno mengadakan kegiatan Polisi Sahabat Anak (PSA) ke sekolah TK Pertiwi yang ada di Desa Kanding Kec. Somagede Kab. Banyumas, Rabu (02/02/17).

Kegiatan ini selain bertujuan untuk menjalin kedekatan antara polisi dengan anak-anak juga untuk mengenalkan tugas-tugas Kepolisian. Dengan didampingi guru TK Pertiwi, Bhabinkamtibmas Desa Kanding Bripka Suyitno memperkenalkan tugas polisi sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat yang disampaikan dengan bahasa sederhana dan dengan metode belajar sambil bermain.

Dengan metode ini, wajah-wajah mereka tampak ceria sehingga tidak tampak rasa takut ketika bertemu dengan Polisi. Padahal di lapangan, biasanya polisi selalu menjadi sosok yang menakutkan bagi anak-anak. Terlebih para orang tua terkadang menggunakan polisi untuk menakut-nakuti anak jika rewel atau nakal.

Menurut salah seorang guru, kunjungan ini merupakan kegiatan positif. Apalagi anak-anak diperkenalkan tentang tugas-tugas kepolisian sehingga dapat lebih menanamkan kecintaan anak kepada polisi. Karena ternyata polisi ramah-ramah sehingga anak tidak takut lagi.

Kegiatan Polisi Sahabat Anak ini disambut anak muridnya sangat antusias karena kehadiran Bapak Polisi di sekolah. Dalam upaya menampilkan sosok polisi yamg humanis dan dekat dengan masyarakat khusunya anak-anak, Polsek Somagede rajin menerapkan program Polisi Sahabat Anak di lingkungan sekolah.

(Sukiyah/PID Promoter Humas Polres Banyumas)

Berita Terkait