Binkam

Patroli : Polisi Temui Warga Yang Sedang Ronda Malam

Tribratanewspoldajateng.com – Wonogiri, Peran serta masyarakat untuk menjaga keamanan wilayah sangat penting. Tujuan diadakannya poskamling itu sendiri adalah untuk menjaga keamanan. Aparat tanpa didukung peran serta masyarakat juga hasilnya tidak akan bisa maksimal. Dengan peran serta warga maka akan lebih mudah menciptakan lingkungan yang aman, tertib dan nyaman. Untuk mewujudkannya lingkungan yang aman dan nyaman maka perlu dibangun kembali pos sistem keamanan lingkungan atau Poskamling dan pos jaga di sejumlah wilayah.
Anggota Polsek  Ngadirojo Aiptu Sugito dan Brigadir Suranto  selaku petugas jaga malam melaksanakan tugas rutin patroli dan sambang Pos Kamling di Dusun Latung Desa Jatimarto Kecamatan Ngadirojo, Selasa 21/2/2017 pukul 22.30 wib.
Aiptu Sugito Memberikan himbauan terhadap 3 petugas siskamling Dalam pelaksanaan ronda malam bisa di adakan kegiatan tambahan yang efektif dilakukan selain melaksanakan keamanan adalah jimpitan. Kegiatan ini cukup menarik untuk dicontoh di wilayah-wilayah. Nominal jimpitan biasanya Rp 500 setiap kepala keluarga/- hari. Koin itu ditaruh di wadah yang sudah disiapkan sendiri oleh pemilik rumah. Posisinya biasanya di pintu depan rumah. Dalam satu bulan bila dikumpulkan hasilnya cukup lumayan. Hasil dari uang jimpitan yang diambil setiap hari bisa memberikan konstribusi dana sosial kepada warga yang mengalami musibah.
“ Disamping itu juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan lain yang lebih produktif. Misalnya untuk operasional kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI, halal bihalal, maupun acara sosial lainnya, semua itu bisa diambilkan dari uang jimpitan”
“Agar selalu meningkatkan kewaspadaanya siskamling di desanya,jangan lupa pintu jendela ,pintu rumah serta pintu pager depan agar di pastikan dalam keadaan terkunci.
Tingkatkan pula kewaspadaanya dimusim penghujan, dimungkinkan terjadinya  bencana alam, baik bencana alam Banjir maupun bencana alam tanah longsor”pungkasnya.//(Aiptu Mustofa).
Editor Iwan Tribratanews.

Berita Terkait