Binmas

Bhabinkamtibmas Sambangi Pos Kamling Desa Binaannya

Tribratanewspoldajateng.com – Wonogiri,Dalam rangka menjaga keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) adalah merupakan tugas TNI (Tentara Nasional Indonesia), sedangkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban bangsa dan negara secara umum dilakukan oleh Polri (Kepolisian Republik Indonesia), akan tetapi di lingkungan masyarakat kecil dalam tingkatan RT / RW. Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) merupakan salah satu usaha dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat setempat.
Bhabinkamtibmas Kelurahan Jatipurno Brigadir Yofa ,SH melaksanakan Sambang Dialogis di Pos Kamling Lingkungan Kuryo Kelurahan Jatipurno Kecamatan Jatipurno dan menemui 5 orang warga yang sedang melaksanakan ronda malam, Selasa 21/2/2017 pukul 23.00 Wib.
Terhadap 5 warga Brigadir Yofa menyampaikan pengertian manfaat ronda malam bagi lingkungan kita
  1. Menjaga keamanan dari pencurian, perampokan, maupun pelanggaran lain yang melanggar norma-norma hukum, norma susila, maupun norma-norma yang berlaku di masyarakat.
  1. Sebagai upaya antisipasi dalam penanganan masalah yang ditimbulkan karena adanya ganguan keamanan masyarakat, musibah, dan bencana alam.
  1. Sebagai sarana mempererat tali silaturahmi antar masyarakat, karena seluruh bagian dari masyarakat setempat akan diikutsertakan dalam jadwal roda siskamling dengan penjadwalan / piket.
  1. Meningkatkan rasa kebersamaan antar penghuni suatu kampung / desa ataupun penduduk secara umum yang tinggal dan atau menetap di lingkungan setempat.
“Oleh karena itu, hendaknya kita sebagai anggota masyarakat sekaligus sebagai warga negara Indonesia yang baik untuk berpartisipasi aktif dalam upaya bela negara, salah satunya dengan berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan kenyamanan di sekitar tempat tinggal kita dengan ronda / Siskamling berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh perangkat desa dalam hal ini ketua RT setempat.”pesan Yofa//(Aiptu Mustofa).
Editor : iwan tribratanews.

Berita Terkait