BinkamFeaturedFrameHeadline

Pilkada Serentak 2017 : Pilkada Serentak di Wilayah Jateng berlangsung Aman

Tribratanewspoldajateng.com, Jateng – Bidhumas Polda Jateng melaksanakan press release terkait pengamanan tahap pemungutan suara dalam pilkada serentak tahun 2017 di wilayah Jateng, Kamis (16/02).

Release yang dilaksanakan di gedung borobudur ini dipimpin oleh Kapolda Jateng Irjen pol Drs. Condro Korono M.M., M.Hum., didampingi ketua KPU Jawa Tengah, ketua Bawaslu Jawa Tengah, dan Aster Kasdam IV/Dip.

Kapolda Jateng menyampaikan bahwa pilkada yang dilaksanakan di 7 kabupaten kemarin telah berjalan dengan lancar, aman dan tertib. Berbagai tahapan mulai dari kampanye, pemungutan suara dan penghitungan suara berlangsung aman dengan bantuan berbagai elemen masyarakat dan TNI.

Kapolda juga menyampaikan bahwa terdapat sedikit laporan terkait pilkada, baik selama kampanye sampai pada pemghitungan. Tercatat hanya ada 1 laporan dan kejadian penganiayaan di Brebes, serta di Pati. Namun itu semua baru pada tahap klarifikasi, sehingga belum ditangani oleh Polri.

Menurut Kapolda Jateng, secara umum pilkada Jawa Tengah berjalan aman dan kondusif. Antusiasme masyarakat untuk berpartisipasi dalam pilkada 2017 sangat tinggi, meskipun cuaca kurang mendukung.

Seperti yang di sampaikan bapak Kapolda, beberapa daerah seperti Pati dan  Brebes diguyur hujan cukup deras bahkan sampai banjir, namun masyarakat tetap antusias datang ke TPS. Bahkan beberapa orang tua dan warga yang sakit dibantu oleh petugas kepolisian dan TNI untuk dapat mengakses TPS.

Bapak kapolda menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang telah turut serta mendukung dan berpartisipasi dalam pilkada. Beliau juga menghimbau agar masyarakat tetap menjalankan aktivitas seperti biasa, tetap guyub dan rukun serta tetap membaur setelah pilkada ini berlangsung.

Pada kesempatan tersebut, Ketua KPU dan ketua Bawaslu  menyampaikan apresiasi atas bantuan anggota Polri dan TNI selama proses pilkada berlangsung, baik bantuan secara teknis pengamanan, pendiatribuasian logistik, akses informasi, sampai pada bantuan akses para pemilih yang terjebak banjir.

Penulis: Felicitas Devita (mahasiswa magang Unika soegijapranata)
Peliput: Rratih Listya (mahasiswa magang Unika soegijapranata)
Berliantina (mahasiswa magang Undip)
Tsania (mahasiswa mahang Undip)

Berita Terkait