Reskrim

Pura-pura Cari Tokek, 2 Pelaku Spesialis Bobol Toko Diringkus Petugas

Tribratanewspoldajateng.com – Polres Cilacap, Satuan Reserse Kriminal Polres Cilacap Polda jawa tengah berhasil menangkap Dua pelaku spesialis pembobol toko. Pelaku yang berhasil di tangkap adalah DRWN als Daryono ,  56 tahun, warga Desa Darmakradenan Kecamatan  Ajibarang Kabupaten  Banyumas dan DRYT, 35 tahun, warga Dusun Sawangan Desa Samudra Kulon Kecamatan  Gumelar Kabupaten  Banyumas.
Kapolres Cilacap AKBP Yudo Hermanto SIK Senin (6/2/2017) saat press release di halaman gedung Satreskrim mengatakan bahwa Modus operandi dari kedua pelaku adalah berpura pura mencari tokek sambil mencari sasaran yang akan diambil barangnya.
“ Untuk mengelabuhi agar tidak ketahuan mereka berpura pura mencari tokek di sekitar toko yang menjadi sasaran” ungkap Kapolres.
Lebih lanjut Kapolres menjelaskan setelah sampai di toko yang menjadi sasaran para pelaku memanjat dinding dan masuk dengan cara melewati atap menuju kedalam plafon dan turun kedalam toko kemudian mengambil seluruh barang yang ada di dalam toko.
Kedua pelaku ditangkap setelah melakukan pencurian di sebuah toko di Jalan Raya Karangkandri Kecamatan  Kesugihan hari Sabtu (4/2/2017) “Kedua tersangka  merupakan spesialis pencurian toko kelontong, bengkel suku cadang, toko matrial / bangunan bahkan gudang cengkeh” tambah Kapolres.
Dari penangkapan tersebut petugas berhasil menyita 100 slop lebih rokok berbagai merk, barang barang dagangan yang biasa dijual ditoko seperti sabun pasta gisi dan lain lain, 50 lembar mata uang kamboja pecahan 100 Riel, 60 lembar mata uang korea utara pecahan 5000 Won serta uang recehan sebesar 200 ribu rupiah.
Selain itu juga disita sebuah sepeda motor dan peralatan beburu tokek seperti senter dan keranjang yang digunakan pelaku untuk memuluskan aksinya. Untuk mempertanggung jawabkan perbuatanya pelaku dijerat dengan pasal 363 kuhp tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.
“Petugas  melakukan pengembangan terhadap TKP lain dan masih mencari barang bukti lainya serta memburu 2 orang pelaku yang masih belum tertangkap” pungkas Kapolres.
(Andriyanto Humas Polres Cilacap)

Berita Terkait