BinkamFeaturedMitra PolisiReskrimSamapta

POLRES BLORA VICON BERSAMA INSTANSI TERKAIT TENTANG SABER PUNGLI

TBNewsPoldaJateng – BLORA, Kemarin hari Rabu Kapolres Blora AKBP Surisman SIK mengikuti Video Conference (vicon) dengan Mabes Polri membahas pemberantasan ungli, Vicon tersebut di pimpin oleh IRWASUM POLRI dan diikuti oleh jajaran Polri dari Sabang sampai Merauke pukul 14.30 Wib s/d selesai. Kamis (19/01/17).

Irwasum menegaskan bahwa berapa pun yang dipungut dari masyarakat itu tidak benar dan harus diberantas oleh satgas saber pungli yang ditunjuk pada saat pengukuhan satgas tanggal 28 oktober 2016. 

Dalam vicon Irwasum juga menegaskan bahwa pungli, merusak tatanan kehidupan, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara adapun dampak-dampak pungli tersebut sebagai berikut :

  1. Biaya beban ekonomi tinggi, dan rusaknya tatanan masyarakat.
  2. Dapat menciptakan masalah sosial dan kesenjangan sosial serta dapat
    menghambat pembangunan nasional.
  3. Dampaknya dapat merugikan
  4. yang menggunakan TI.
  5. Membangun dan menginternalisasi budaya anti pungli pada
  6. tata pemerintahan dan masyarakat.
  7. Mengkoordinasikan, merencanakan, dan masyarakat secara umum dan
    Menimbulkan ketidak percayaan masyarakat kepada aparatur pemerintah.

Misi satgas saber pungli tersebut adalah;

  1. Membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungutan liar.
    Membangun sistem pengumpulan, pengolahan, penyajian data dan informasi dari kementrian atau lembaga dan pihak lain melaksanakan operasi atau kegiatan pemberantasan pungli. Meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik melalui transparasi dan standarisasi pelayanan sesuai peraturan perindang-undangan berlaku dan menghapus pungli.
  2. Sasaran pungli sendiri ialah sentra pelayanan publik di kementrian lembaga dan pemda.

Strategi pemberantasan pungli ada tiga yaitu;

  1. Strategi preemtif (pembinaan)
  2. Strategi pencegahan
  3. Strategi represif (penegakan hukum) Masih ditemukan satgas saber pungli palsu di beberapa daerah.

Hadir dalam giat vicon yang berlangsung di ruang PPKO Polres Blora adalah Kabag Ops, Kabag Sumda, Kasi Intel kejaksaan, Kasi Datun, Kasi Pidsus, DANSUBDENPOM 4 Blora, PSB, Irban Inspektorat Kab. Blora, Kodim 0721 Blora, Kasat Sabhara, Kasi Propam.

Genderang perang terhadap Pungli telah di kumandangkan oleh Presiden RI Joko Widodo dengan Saber Pungli (sapu bersih pungutan liar) kepada semua lembaga dan instansi layanan public termasuk Polri, maka di harapkan dengan saber pungli akan lebih meningkatkan kredibilitas lembaga serta maksimalnya pelayanan kepada masyarakat. (@polresblora.com)

Berita Terkait