FeaturedHeadlineReskrim

UNGKAP KASUS : Pelaku Pencurian Bonsai Ditangkap Unit Resmob Wonogiri

Tribratanewspoldajateng.com – Polres Wonogiri Daerah Jawa Tengah, Jajaran Satreskrim Polres Wonogiri berhasil mengungkap kasus pencurian bonsai yang terjadi Dusun Soco rt.03/03, Desa SOCO Kecamatan Slogohimo beberapa waktu yang lalu dimana tiga pelaku dilakukan penangkapan di Mojosongo dan Pendaringan Surakarta Senin (16/01/2017) sore.

Kapolres Wonogiri AKBP Ronald Rumondor melalui Kasatreskrim Polres Wonogiri, AKP Muhammad Kariri, menuturkan penangkapan pelaku terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Penangkapan bermula dari laporan komunitas Bonsai Solo Raya pada pukul 08.00 WIB yang menyatakan bahwa jenis bonsai yang di curi di Wonogiri di jual atau ditawarkan di Gompang, Kartosuro, Sukoharjo. Setelah mendapatkan laporan lantas tim opsnal yang dipimpin oleh Iptu Sandiya bersama korban meluncur kelokasi yang disebutkan, dan ternyata memang benar bahwa bonsai yang ditawarkan tersebut milik korban.

“Setelah ditanya ternyata penjual itu mengakui bahwa bonsai tersebut hasil curian di Wonogiri,” ungkapnya Senin malam.

Selanjutnya, setelah benar bahwa bonsai tersebut hasil curian maka polisi lantas membekuk pelaku Agus Supriyanto (43) warga Jl.Pelangi wetan, Mojosongo Surakarta, Link Mojosongo rt.05y/06 Kel. Mojosongo Kec. jebres Surakarta, setelah itu pelaku atau penjual diminta untuk menunjukan para pelaku lainnya  IBNU SUTANTYO Alias ROBET (55) warga Marengan rt.05/09 Kel.Mojosongo Kec.Jebres, Surakarta dan ADI SARYADI (46) warga Lingk Gulon rt.03/19 Kel. jebres Kec, Jebres, Surakarta yang tengah berada di Jebres dan Mojosongo. Akhirnya ketiga pelaku ditangkap tanpa perlawanan.

“Masih ada satu pelaku yang merupakan penyedia mobil untuk mengangkut bonsai berinisial Joko warga Kartasura,” lanjut dia.

Kariri menambahkan dari penangkapan pelaku tersebut polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa 4 batang pohon Bonsai hasil Pencurian, satu buah sertifikat bonsai jenis SANCHANG, dan satu buah sertifikat bonsai jenis ULMUS. Ketiga pelaku saat ini sudah ditahan di Mapolres Wonogiri Guna mempertanggungjawabkan perbuataannya.//(Humas Polres Wonogiri).

Berita Terkait