BinkamFrameGiat Ops

Perwira Polres Purbalingga Berlatih Pedang

Tribratanewspoldajateng.com –  Sejumlah perwira polisi Polres Purbalingga mengikuti pelatihan baris berbaris di halaman mapolres, Selasa (10/1/2017) pagi. Pada kesempatan kali ini, para perwira dengan pangkat Ipda dan Iptu dilatihkan kembali penggunaan pedang.

Kegiatan yang dilaksanakan setelah apel pagi dipimpin oleh Kabag Sumda Kompol Mugiman, S.H.,M.H. sedangkan Instruktur pelatihan adalah Paurlat Bagsumda Ipda Edi Rasio.

“Pelatihan ini akan dilakukan secara rutin setiap hari Selasa setelah apel pagi. Dalam kegiatan para perwira dilatihkan kembali cara menggunakan pedang dalam baris berbaris,” ucap Kompol Mugiman.

Kabag Sumda menambahkan, pelaksanaan kegiatan baris berbaris dengan menggunakan pedang ini, diikuti oleh seluruh perwira dari polres dan polsek jajaran yang berpangkat Ipda dan Iptu. Termasuk 17 perwira alih golongan (PAG) yang baru selesai mengikuti pendidikan beberapa waktu yang lalu.

Tujuan latihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan perwira Polres Purbalingga dalam penggunaan pedang. Penggunaan pedang biasanya digunakan saat kegiatan baris berbaris maupun upacara.

“Apabila tidak dilatihkan kembali, biasanya para perwira akan lupa dan tidak siap saat ditunjuk sebagai petugas upacara berpedang,” tambahnya.

Dengan pelatihan yang rutin dilaksanakan, pihaknya berharap kemampuan perwira dalam penggunaan pedang tetap terjaga. Apabila sewaktu-waktu mendapatkan tugas untuk memimpin upacara berpedang maupun kegiatan lainnya semua sudah siap.
( Humas Polres Purbalingga )

Berita Terkait